Dark/Light Mode

hibank Perkuat Visi Bank Digital UMKM Melalui 5 Stream

Kamis, 28 Desember 2023 15:24 WIB
Hibank menguatkan visinya menjadi Bank Digital UMKM. (Foto: Dok. Hibank)
Hibank menguatkan visinya menjadi Bank Digital UMKM. (Foto: Dok. Hibank)

 Sebelumnya 
“Pencapaian kinerja baik hibank tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk BNI Group sebagai pemegang saham utama,” ungkap Jenny.

Soliditas jajaran manajemen juga menjadi pilar utama, dengan latar belakang yang saling melengkapi dan menguatkan, setiap individu membawa pengalaman yang beragam.

Sinergi yang baik pun terwujud dari kolaborasi seluruh pemangku kepentingan hibank.

Baca juga : Pengembangan SDM Melalui Revolusi Mental

Kekompakan jajaran manajemen, meskipun berasal dari latar belakang pengalaman yang berbeda, seperti FinTech, konsultan IT, industri keuangan, bisnis, dan retail, mampu bersatu dengan visi yang sama.

“Dalam rangka meningkatkan capaian kinerja, hibank pun terus melakukan transformasi digital untuk dapat memberikan kemudahan dalam pelayanan kepada para nasabahnya,” tegas Jenny.

Transformasi Digital Proses transformasi digital yang dilakukan hibank pun turut mendapatkan apresiasi dari Economic Review yang memberikan penghargaan ‘Best IT For Bank Company 2023-Platinum Award’ dalam ajang Indonesia Information Technology Award V.

Baca juga : Shayne Pede Skuad Garuda Bisa Bersaing Di Pentas Piala Asia 2023

Selama tahun 2023, hibank giat meningkatkan layanan perbankan digital dan keamanan siber, serta memperkuat kapasitas sumber daya manusia.

Direktur IT & Operasional Prihadiyanto mengatakan, hibank melakukan pengembangan aplikasi terkini dan peluncuran New Core Banking System dalam rangka mendukung perluasan transaksi digital dengan arsitektur terintegrasi.

Sistem ini dijadwalkan digunakan pada semester pertama 2024. Dalam transformasi organisasi IT, hibank memperkuat fungsi kunci seperti Technology Modernization, New Core Banking, Cloud Infrastructure, Enterprise Architecture, Cyber Security, PMO & Governance untuk mengatasi tantangan keamanan siber.

Baca juga : Pep Sumringah Man City Gondol 5 Gelar Dalam Setahun

Dengan menerapkan teknologi terkini, seperti kecerdasan buatan, analisis perilaku, dan monitoring ancaman siber 24x7, hibank juga mengintegrasikan metodologi CITRA (Cyber, Information and Technology Risk Assessment) dan CITCF (Cyber, Information Security and Technology Control Framework) dalam pengembangan produk dan sistem.

Langkah-langkah pencegahan melibatkan pelatihan karyawan, kerja sama dengan ahli eksternal untuk audit sistem keamanan rutin, peningkatan infrastruktur teknologi, termasuk layanan perbankan digital dan manajemen aset berbasis komputasi awan (cloud).

“Perekrutan talenta digital berpengalaman, serta kegiatan reskilling dan upskilling karyawan, turut mendukung upaya ini, semuanya bertujuan memberikan perlindungan optimal terhadap serangan siber dan menjaga keamanan data pelanggan,” pungkas Prihadiyanto.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.