Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Ganjar Minta Gen Z Perkuat Literasi Digital Untuk Masa Depan IKN

Sabtu, 9 Desember 2023 14:57 WIB
Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kanan) meminta kepada para generasi milenial untuk memperkuat literasi digital. (Foto: Istimewa)
Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kanan) meminta kepada para generasi milenial untuk memperkuat literasi digital. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo meminta kepada para generasi milenial untuk memperkuat literasi digital demi masa depan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Sebab, diakui Ganjar, hal itu penting karena IKN dipersiapkan sebagai kota yang memadukan teknologi, internet super cepat, dan kendaraan listrik.

"Literasi digital adalah pengetahuan serta kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital, seperti alat komunikasi, jaringan internet dan lain sebagainya," kata Ganjar, dalam keterangannya, Sabtu (9/12/2023).

Baca juga : Cegah Hoaks Di Medsos, Pembekalan Literasi Digital Perlu Digenjot

Ganjar bilang, kecakapan pengguna dalam literasi digital mencakup kemampuan untuk menemukan, mengerjakan, mengevaluasi, menggunakan, membuat serta memanfaatkannya dengan bijak, cerdas, cermat serta tepat sesuai kegunaannya.

Sebagai penghuni IKN, kata Ganjar, anak muda harus beradaptasi dengan kemajuan teknologi.

"Hal itu bisa dicapai dengan meningkatkan literasi digital, khususnya yang tinggal di IKN," ujar Ganjar.

Baca juga : Pakar Otda Sebut Kriteria Pemimpin Untuk Cegah Korupsi Di Indonesia

Lebih lanjut, mantan Gubernur Jawa Tengah itu mengapresiasi perkembangan media sosial saat ini.

Menurut dia, media sosial bisa menjadi sumber penghasilan generasi Z dengan menjadi content creator.

“Di dunia, terjadi disrupsi luar biasa. Anak muda mesti adaptif, agar tidak ketinggalan zaman. Anak muda perlu ikuti perkembangan, karena perubahan global terjadi sangat cepat sekali,” sebut Ganjar.

Baca juga : Ini Cara Ganjar Ciptakan Lapangan Kerja Dan Atasi Pendapatan Rendah Masyarakat

"IKN adalah kota pertama di dunia yang dibangun untuk generasi Z. Di kota ini, kesempatan untuk berkarya dan berkreasi sangat terbuka bagi anak muda. Yang dituntut adalah kemampuan literasi digital yang tinggi. Karena kota ini dibangun dengan konsep memasukan teknologi, internet super cepat," tutur Ganjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.