Dark/Light Mode

Pupuk Kaltim Raih Responden Survei Terbaik BI Award 2023

Sabtu, 30 Desember 2023 06:32 WIB
Pupuk Kaltim meraih penghargaan BI Award 2023, kategori Korporasi Responden Statistik Terbaik, sub kategori Responden Survei Terbaik dari Bank Indonesia. (Foto: Dok. Pupuk Kaltim)
Pupuk Kaltim meraih penghargaan BI Award 2023, kategori Korporasi Responden Statistik Terbaik, sub kategori Responden Survei Terbaik dari Bank Indonesia. (Foto: Dok. Pupuk Kaltim)

 Sebelumnya 
Qomaruzzaman menegaskan Pupuk Kaltim turut mendorong pengembangan melalui strategi hilirisasi sesuai arahan Presiden Jokowi dalam meningkatkan nilai tambah sekaligus penggerak perekonomian nasional.

Hal tersebut untuk memperkuat sinergi dalam mendorong akselerasi pengembangan ekonomi keuangan inklusif dan hijau, melalui dukungan terhadap UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah).

Lebih lanjut Qomaruzzaman menjelaskan, penguatan UMKM dilakukan melalui peningkatan produktivitas pelaku usaha, serta mendorong transformasi UMKM agar naik kelas dan berdaya saing, meraih potensi pasar lebih luas.

Baca juga : Pupuk Kaltim Siapkan Transisi Menuju Energi Bersih dan Terbarukan

Penguatan dan perluasan ekosistem digitalisasi UMKM ini secara kreatif menumbuhkan geliat pelaku usaha, dengan berbagai kesinambungan pembinaan yang tepat sasaran.

Hal ini menjadi salah satu fokus Pupuk Kaltim, untuk memberi manfaat guna meningkatkan ekonomi dan kemandirian di masyarakat.

"Mengingat UMKM merupakan sektor yang sangat berpengaruh terhadap PDB (Produk Domestik Bruto) nasional," terang Qomaruzzaman.

Baca juga : Pulih Dari Cedera, Jordi Amat Siap Tempur Di Piala Asia 2023

Hal itu Pupuk Kaltim terapkan dalam pengembangan perusahaan dengan berbagai proyek investasi.

Di antaranya, penugasan pemerintah pada Proyek Strategis Nasional (PSN) kawasan industri pupuk Fakfak Papua Barat, dengan membangun pabrik Amonia-Urea dan beberapa penugasan lainnya di kawasan industri eksisting di Bontang, Kalimantan Timur.

Qomaruzzaman meyakini, melalui sinergi yang terjalin, rencana pengembangan ini diharapkan dapat turut didukung Bank Indonesia. Sehingga, dalam pelaksanaannya dapat berjalan sesuai aturan.

Baca juga : Bamsoet Raih Penghargaan National Figure Award 2023

Sebelumnya, Gubenur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, BI Award 2023 merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan kepada seluruh mitra strategis Bank Indonesia, mulai dari perbankan, korporasi hingga perorangan.

Perry menerangkan, tahun ini ada 64 mitra strategis BI yang menerima penghargaan, sebagai bentuk pengakuan nasional kepada para mitra kerja yang telah mendukung pelaksanaan tugas Bank Indonesia sepanjang tahun 2023.

"Penghargaan ini, juga merefleksikan jalinan sinergi antara Bank Indonesia dan para mitra strategis, bersama-sama Pemerintah, OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) dalam memperkuat ketahanan dan kebangkitan ekonomi nasional," tandas Perry.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.