Dark/Light Mode

Tiko Dan Nicke Sambangi Depo Plumpang

Pasokan BBM Periode Nataru Dijamin Aman

Sabtu, 30 Desember 2023 07:20 WIB
Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo (tengah), Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati (kanan), saat memberikan keterangan usai peninjauan di Integrated Terminal Plumpang Pertamina Jakarta Utara, Jumat (29/12/2023). (ANTARA/Harianto)
Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo (tengah), Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati (kanan), saat memberikan keterangan usai peninjauan di Integrated Terminal Plumpang Pertamina Jakarta Utara, Jumat (29/12/2023). (ANTARA/Harianto)

RM.id  Rakyat Merdeka - Stok Bahan Bakar Minyak (BBM) PT Pertamina (Persero) di Integrated Terminal Jakarta (ITJ) di Depo Plumpang, dipastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan libur akhir tahun masyarakat. Khususnya untuk wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi).

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kar­tika Wirjoatmodjo mengatakan, keyakinan tersebut berdasarkan produksi minyak mentah (crude oil) Pertamina, yang saat ini men­capai 560 ribu barel per hari.

Baca juga : Keliling Gereja, Kapolri Pastikan Perayaan Ibadah Natal Berjalan Aman

“Dari jumlah itu, sekitar 416 ribu barel berasal dari produksi dalam negeri dan 150 ribu di-supply dari blok migas yang diakuisisi di luar negeri,” kata Tiko, sapaan Kartika, saat melakukan kunjungan bersama direksi Pertamina di Integrated Terminal Plumpang, Jumat (29/12/2023).

Tiko menuturkan, seperti ta­hun-tahun sebelumnya, kebutuhan BBM selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 memang selalu meningkat. Un­tuk itu, dalam memenuhi kebu­tuhan tersebut, Depo Plumpang harus dipastikan kesiapannya.

Baca juga : Menko Polhukam Pastikan Perayaan Nataru Tahun Ini Berjalan Lancar

Bahkan dalam jangka panjang, untuk meningkatkan produksi minyak mentah oleh Pertamina, Plumpang juga dipersiapkan mengerek kontribusinya da­lam produksi biofuel. Baik itu berupa etanol maupun peng­gunaan biodiesel.

“Meski saat ini pemenuhan masih harus impor, diharapkan eksplorasi sumber minyak men­tah lainnya seperti biofuel, impor akan semakin menurun,” harap mantan bos Bank Mandiri ini.

Baca juga : Pertamina Patra Niaga Jamin Pasokan BBM Dan LPG Sepanjang Nataru

Depo Plumpang, sambung Tiko, menjadi fasilitas Pertamina untuk dispensing, piping, dan blending seluruh produk. Mulai dari Pertalite, Solar hingga inovasi yang baru diluncurkan, yaitu Pertamax Green.

Tiko menjelaskan, kunjungan kerja bersama Direksi Pertamina ini merupakan upaya Pemerintah bersama BUMN untuk memas­tikan berbagai kesiapan dan kelayakan BBM selama liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.