Dark/Light Mode

Raih Skor GCG Tertinggi, Pupuk Kaltim Pertahankan Predikat The Most Trusted Company

Rabu, 3 Januari 2024 20:52 WIB
Pupuk Kaltim kembali mempertahankan predikat The Most Trusted Company, sebagai predikat tertinggi pada ajang Corporate Governance Perception Index (CGPI) Award 2023. (Foto: Dok. Pupuk Kaltim)
Pupuk Kaltim kembali mempertahankan predikat The Most Trusted Company, sebagai predikat tertinggi pada ajang Corporate Governance Perception Index (CGPI) Award 2023. (Foto: Dok. Pupuk Kaltim)

 Sebelumnya 
Teguh menjelaskan, hal ini guna peningkatan strategi dan kebijakan tata kelola perusahaan secara optimal. Pihaknya juga mengawal strategi dan kebijakan yang dijalankan, agar tetap berada dalam koridor GCG sebagai kesatuan sistem yang kuat dalam mendorong optimalisasi kinerja bisnis secara berkelanjutan.

Menurutnya, penegasan implementasi GCG pun dilihat dari hasil asesmen setiap tahun yang terus mengalami kenaikan, berdasarkan perspektif keberlanjutan yang terdiri dari lingkup kepatuhan (compliance), lingkup kesesuaian (conformance) dan lingkup kinerja (performance).

"Kami terus melaksanakan inovasi pada model dan proses bisnis, hingga sosial lingkungan yang sejalan dengan prinsip GCG," ucap Teguh.

Tak hanya itu, perubahan tata kelola perusahaan juga ditinjau dari berbagai aspek, seperti teknologi, produk, pasar, manajemen sistem, kepatuhan laporan keuangan, SDM (Sumber Daya Manusia), serta faktor input lain dalam memperkuat strategi bisnis Perusahaan.

Baca juga : Perhutani Pertahankan Predikat Badan Publik Informatif

Pihaknya hingga kini mampu meningkatkan kinerja, yang tidak hanya dilihat berdasarkan sistem manajemen dan revenue.

"Dari sisi kepuasan pelanggan, employee engagement, hingga peningkatan realisasi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan," ungkap Teguh.

Di kesempatan yang sama, Group Chief Editor SWA Media Network Kemal E Ghani mengatakan, tema Indonesia GCG Award tahun ini, melihat banyaknya tantangan dunia usaha untuk menjadi lebih tangkas dalam menjalankan bisnis.

Sehingga, berpotensi melangkahi GCG dalam implementasinya di lapangan.

Baca juga : Borong 5 Penghargaan Terbaik, UPZ Pupuk Kaltim Pastikan Profesionalitas Kelola Zakat

 Kemal berharap, melalui ajang ini perusahaan dapat menghadapi dinamika tantangan yang ada, dengan senantiasa menjalankan bisnis secara bersih, etis, transparan dan akuntabel.

"Bagi perusahaan yang berhasil meraih penghargaan tahun ini, diharap dapat menjadi sumber inspirasi bagi perusahaan lainnya di Indonesia, untuk tetap mengedepankan GCG dalam praktik bisnis yang dijalankan," harapnya.

Sementara itu, Chairman IICG Group Gendut Suprayitno menilai, tahun ini ada 37 perusahaan yang berhasil meraih penghargaan Indonesia GCG Award 2023.

Berdasarkan survei tahunan melalui kuesioner self assessment dan penilaian dokumen persyaratan hingga tahapan observasi.

Baca juga : BNI Raih Penghargaan The Best CEO of The Most Sustainable Bank

Suprayitno meyakini, penghargaan ini sebagai upaya mendorong terciptanya perilaku bisnis yang sehat di Indonesia, serta sesuai dengan prinsip-prinsip GCG.

"Ini adalah bentuk komitmen kami, untuk terus mendorong perusahaan di Indonesia agar menjalankan bisnisnya dengan prinsip GCG, yaitu bersih, transparan, beretika dan akuntabel," ujarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.