Dark/Light Mode

Laporan Dari Jepang

Toyota Ajak 29 Perusahaan Pemasoknya Ke Forum Bisnis RI-Jepang

Sabtu, 28 Oktober 2023 19:45 WIB
Laporan Dari Jepang Toyota Ajak 29 Perusahaan Pemasoknya Ke Forum Bisnis RI-Jepang

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengajak 29 perusahaan rantai pasok tier 1-2 untuk mengikuti acara Indonesia-Japan The 2nd Autoparts Business Forum. TMMIN memiliki lebih dari 205 supplier di tier 1-2.

Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam mengatakan, forum bisnis ini sebagai pembuka jalan dan menjembatani kerja sama untuk mengakses pasar internasional.

Baca juga : Masuki Era Elektrifikasi, Industri Komponen Nasional Perkuat Daya Saing

Menurut dia, industri komponen di Indonesia diharapkan dapat menjadi bagian penting dalam rantai pasokan global industri otomotif Jepang. Tak hanya dalam mengahadapi transisi industri otomotif menuju elektrifikasi, tetapi juga menjaga pertumbunan industri otomotif yang eksisting.

Di tengah tantangan ekonomi global, Toyota Indonesia berupaya untuk terus mempertahankan peran Indonesia sebagai pusat produksi dan ekspor kendaraan ke kawasan Asia & Timur Tengah, Afrika, Amerika Selatan, dan Australia. 

Baca juga : Wapresdir TMMIN: Bisnis Forum RI-Jepang Jadi Ajang Transfer Teknologi

Menurut dia, transisi dari kendaraan berteknologi ICE menuju elektrifikasi memerlukan proses untuk eskalasi kapabilitas rantai pasok. Toyota dan perusahaan supply chain merasa perlu berkontribusi dalam pembangunan industri otomotif di tanah air, khususnya dalam rangka meningkatkan kedalaman industri. 

Karena itu, partisipasi dalam business forum ini diharapkan bisa menjadi pendorong bertambahnya investasi luar negeri khususnya dari Jepang, serta dari negara-negara lain ke Indonesia.

Baca juga : Toyota Beberin Tantangan Industri Komponen Otomotif

Indonesia-Japan The 2nd Autoparts Business Forum digelar oleh KBRI Tokyo, Kementerian Perindustrian dan Bank Indonesia dalam rangka memperingati 65 tahun hubungan Indonesia-Jepang. Acara ini juga didukung oleh Toyota, BKPM, MUFG, JAPIA.

Hadir dalam acara ini Dubes RI Untuk Jepang Heri Akhmadi, Dirjen Industri Logam Mesin Alat Transformasi dan Elektronik (Ilmate) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Taufik Bawazier dan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti. Hadir juga Wakil Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam, Ketua Gabungan Alat Industri Mobil dan Motor (GIAMM) Hamdhani Salim, Managing Executive Officer MUFG Masashi Onodera dan Vice Governor of Aichi Prefecture Furumoto Shinichiro.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.