Dark/Light Mode

Gelar Talkshow Menavigasi Indonesia

Upaya Kontribusi Nexus EcoSTEAM Bagi Kemajuan Dan Keberlanjutan Indonesia

Senin, 8 Januari 2024 09:51 WIB
Foto: Nexus EcoSTEAM
Foto: Nexus EcoSTEAM

RM.id  Rakyat Merdeka - Nexus EcoSTEAM menggelar talkshow bertajuk "Menavigasi Indonesia: Integrasi STEAM Sebagai Pilar Mewujudkan Kemajuan & Keberlanjutan”, di Balai Dewan Pakar, Jl. Prapanca II, Jakarta Selatan, Jumat (5/1/2024).

Acara dihadiri oleh 60-an peserta dari berbagai background. Mulai dari mahasiswa, aktivis, akademisi, pengusaha, dan professional/pakar di bidangnya.

Nexus EcoSTEAM sendiri sejak awal memiliki tujuan untuk mendorong dan mengawal pembangunan berkelanjutan, pengelolaan lingkungan hidup, dan sosial Indonesia dengan kerangka STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, & Mathematics).

Talksgow digelar karena Nexus EcoSTEAM menyadari perlunya sebuah platform kolaboratif untuk berdiskusi dan memperkuat upaya yang berkontribusi aktif terhadap visi kemajuan dengan keberlanjutan.

Talkshow ini bertujuan mempertemukan para pelaku industri, akademisi, masyarakat sipil dan pembuat kebijakan yang berada di garis depan dalam inisiatif yang membentuk masa depan berkelanjutan Indonesia.

Acara ini menampilkan diskusi panel yang menarik, presentasi yang mendalam, dan sesi tanya jawab interaktif yang menggali aspek-aspek utama pembangunan yang berkelanjutan.

Baca juga : Kowani Dan GPW Bangun Perdamaian Dan Kesadaran Masyarakat

Yakni, Triple Bottom Line (People Planet, Prosperity), konservasi lingkungan, Sustainable Development Goals, dan beragam inovasi.

Semua hal tersebut diulas dengan STEAM yang digunakan sebagai pisau analisa.

Bahasan dalam Talkshow ini juga meliputi praktik energi terbarukan, ekonomi sirkular, konservasi keanekaragaman hayati, dan praktik bisnis yang bertanggung jawab.

Wakil Ketua Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran Budiman Sudjatmiko, sebagai salah satu narasumber Talkshow berpendapat, masa depan Indonesia yang berkelanjutan dicapai melalui upaya kolaboratif dalam mewujudkan inovasi (community-driven innovation).

Hal ini bisa dimulai dengan pembangunan dari desa. IKN akan berperan sebagai integrator dan aggregator upaya kolaboratif ini.

“Acara Talkshow Menavigasi Indonesia dapat menjadi platform bagi para pemimpin, pakar, dan masyarakat sipil untuk berkumpul untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan wawasan, guna menumbuhkan visi kolektif untuk Indonesia yang lebih maju dan berkelanjutan,” tuturnya.

Baca juga : Indonesia Serius Tangani Perubahan Iklim Dan Geber Target NDC

Dalam acara ini juga, Nexus EcoSTEAM juga merilis website dan mempublikasikan kajian yang telah mereka susun tentang strategi mengintegrasikan STEAM kepada masyarakat Indonesia.

M. Anindya Pohan, salah satu peserta diskusi yang hadir, mengapresiasi Nexus EcoSTEAM yang memiliki komitmen untuk melakukan keberlanjutan dari kemajuan di masa Presiden Jokowi dengan pendekatan STEAM.

“Saya percaya pendekatan ini bisa menjadi katalis terhadap peran generasi muda untuk mengambil peran dalam menjamin keberlanjutan dan kemajuan negara dan bangsa Indonesia,” tuturnya.

Sorotan utama dari talkshow ini adalah diskusi para pakar yang berasal dari berbagai bidang di mana mereka berbagi perspektif mengenai kondisi keberlanjutan di Indonesia saat ini, sembari mendiskusikan strategi yang tepat untuk melakukan perubahan.

Di sisi lain, peserta memiliki kesempatan untuk terhubung dengan individu, organisasi, dan calon kolaborator yang berpikiran sama selama sesi diskusi.

Talkshow ini turut menekankan pentingnya keterlibatan masyarakat dalam inisiatif mewujudkan berkelanjutan Indonesia.

Baca juga : Anies: Sudah Waktunya Indonesia Jadi Pelaku Aktif Kebijakan Dunia

Muliandy Nasution, seorang Financial Engineering Expert yang turut menjadi pembicara pada acara tersebut memberikan gambaran proyeksi ekonomi ke depan, yakni tentang digitalisasi dan dekarbonisasi.

Keberlanjutan dalam ekonomi diperlukan karena siklus ekonomi dunia (boom and bust cycle) telah mengakibatkan kesenjangan dan krisis sehingga harus mulai untuk diarahkan kepada sistem sustainable capitalism.

Sebagai informasi, Nexus EcoSTEAM mengundang para pemimpin, pelaku industri, pakar, akademisi, dan masyarakat sipil untuk turut berpartisipasi secara kolaboratif dalam agenda pembangunan yang berkelanjutan dalam rangka menata masa depan Indonesia yang lebih baik.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.