Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

AP II Terus Kembangkan Millenial Travel Experience

Kamis, 10 Januari 2019 07:19 WIB
Salah satu spot instagrammable di Terminal III Bandara Soekarno Hatta, yang mengedepankan aspek millenial travel experience. (Foto: AP II)
Salah satu spot instagrammable di Terminal III Bandara Soekarno Hatta, yang mengedepankan aspek millenial travel experience. (Foto: AP II)

RM.id  Rakyat Merdeka - Generasi milenial menjadi fokus manajemen PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II dalam menggarap segmen pasar baru, yang semakin marak di era digital. Hal ini akan menjadi pengembangan portofolio produk dan service, serta menargetkan penyegaran layanan terhadap aspek operasi di bandara.

Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin menjelaskan, salah satu dari tiga program utama perusahaan pada 2019 adalah menciptakan pengalaman perjalanan bagi segmen pelanggan milenial. "Sekarang sudah serba digital. Potensi pasar generasi milenial semakin menjamur. Kami yang harus selalu kekinian dari aspek operasi dan pelayanan. Jadi harus lebih fresh dan inovatif. Untuk itu, kami menciptakan konsep millennials travel experience di bandara-bandara yang kami kelola,” ungkap Awaluddin.

Untuk mengoptimalkan program tersebut, pihak Angkasa Pura II menghadirkan pendekatan 3A: Augmentation, Activation, dan Amenities. Sadar akan potensi pasar generasi milenial, Angkasa Pura II berencana untuk melakukan augmentation atau menambah dan memperbesar segmentasi pelayanan milenial. Manajemen memandang bahwa generasi milenial akan mendominasi porsi pasar masa depan, sehingga penambahan serta peningkatan layanan berbasis digital serta kekinian menjadi prioritas.

Selanjutnya, manajemen perlu melakukan sejumlah aktivasi kegiatan untuk mendorong para milenial hadir di bandara-bandara kelolaan Angkasa Pura II. Tim kantor cabang dituntut untuk lebih aware terhadap perkembangan event terkini agar mampu mengaktivasikan kegiatan kekinian.

Baca juga : AP II Terus Persiapkan Pengembangan Bandara Jenderal Besar Soedirman

Kegiatan aktivasi terbaru yang telah diselenggarakan adalah event kompetisi game online di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Airport Vlog Competition, yang merupakan kompetisi video blogging dengan mengambil lokasi di bandara atau aktivitas selama perjalanan menuju bandara.

Vlog berisi seputar serba serbi bandara, hal-hal unik yang ditemui dan dilakukan di bandara, atau selama perjalanan ke bandara. Dukungan pembaharuan amenities, sejumlah fasilitas digital penunjang, juga telah dijalankan. Untuk memudahkan penumpang memperoleh informasi di bandara. Airport Digital Lounge dengan konsep one stop airport service juga telah diimplementasikan.  Di dalamnya, terdapat beragam informasi mengenai seluruh pelayanan yang ada di bandara, dan dilengkapi dengan customer service robot.

Tak hanya itu, fasilitas hiburan juga semakin lengkap dengan hadirnya permainan console game serta sports corner. Juga terdapat selfie spot yang instragammable serta co-working space, yang dapat dimanfaatkan bagi traveller.

 

(Reading Corner Bandara Soekarno Hatta, tempat yang enak untuk baca-baca sambil menunggu jadwal berangkat. (Foto: IG Bandara Soekarno Hatta)

Baca juga : Isu Kebudayaan Diusulkan Masuk Materi Debat Capres

Keseluruhan fasilitas digital tersebut didukung fasilitas wi-shock atau jaringan wifi berkecepatan tinggi. AP II juga mengembangkan aplikasi dengan platform mobile yaitu Indonesia Airport Apps, untuk lebih meningkatkan pengalaman digital di bandara-bandara AP II.

Pasar kaum milenial memang menjanjikan. Pada 2017, ada 143,3 juta masyarakat Indonesia yang terkoneksi internet. Dari jumlah ini, porsi 49,5 persen didominasi kaum milenial di rentang usia 19-34 tahun.

Lebih menjanjikan lagi, penetrasi pengguna internet di dunia mencapai 52,96 persen dari populasi 7,59 miliar hingga Juli 2018. “Generasi milenial merupakan aset bangsa potensial, dan merupakan segmen pasar yang bisa dituju. Untuk menarik pasar tersebut, kami hadirkan pendekatan bandara sebagai destinasi digital sebagai salah satu key point-nya,” tegas Awaluddin.

Apresiasi diberikan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. “Wisatawan milenial pangsa pasar masa depan. Porsinya sekitar 7 juta orang. Jumlah ini sekitar 34 persen dari target 20 juta wisman di 2019. Jadi, harus terus dioptimalkan mulai dari sekarang. Siapa yang dapat merebutnya, akan jadi pemenang. Kata lainnya, who win the future, win the game,” tutur Menpar.

Baca juga : Kaum Milenial, Jadilah Pelopor Kearifan Lokal

Bersama international expansion dan 1 million tons cargo movement, millennials travel experience diharapkan menghasilkan income Rp 500 miliar pada 2019.

Angka ini memberikan porsi sekitar 5 persen dari total proyeksi pendapatan AP II. Dengan semakin digitalnya bandara-bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura II, Awaluddin berharap para traveller dapat memiliki kesan tersendiri ketika tiba di bandara.

Melalui akun media sosial, diharapkan dapat menarik minat traveller lainnya untuk berkunjung ke Indonesia dan menikmati millennials travel experience, ”Intinya, kami berharap bisa memberikan inspirasi positif bagi traveller untuk dapat menikmati millennials travel experience. Sehingga, mereka bisa bercerita lewat akun media sosialnya dan viral di media sosial. Hal ini tentu akan semakin mendorong kami, untuk selalu termotivasi dalam menjalankan transformasi bisnis dan bertransformasi di bidang infrastruktur operasi serta layanan,” tutup Awaluddin.

Saat ini, Airport Digital Lounge ini telah diimplementasikan di Terminal 3 dan Terminal 2 Bandara International Soekarno-Hatta dan di tahun ini akan secara bertahap diimplementasi di semua bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura II. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.