Dark/Light Mode

PLN Sukses Beri Tegangan Proyek SKTT 150 kV Priok Barat - Tx.6 Kemayoran Sirkit 1

Sabtu, 20 Januari 2024 13:29 WIB
PLN UIP Jawa Bagian Barat UIP JBB, berhasil memberikan tegangan energize pada proyek infrastruktur ketenagalistrikan Saluran Kabel Tegangan Tinggi SKTT 150 kilovolt kV Priok Barat-Tx.6 Kemayoran Sirkit 1. (Foto: Ilustrasi)
PLN UIP Jawa Bagian Barat UIP JBB, berhasil memberikan tegangan energize pada proyek infrastruktur ketenagalistrikan Saluran Kabel Tegangan Tinggi SKTT 150 kilovolt kV Priok Barat-Tx.6 Kemayoran Sirkit 1. (Foto: Ilustrasi)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN melalui Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB), berhasil memberikan tegangan (energize) pada proyek infrastruktur ketenagalistrikan Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) 150 kilovolt (kV) Priok Barat-Tx.6 Kemayoran Sirkit 1, pada 18 Januari 2023, pukul 22.15 WIB.

Manager Unit Pelaksana Proyek Jawa Bagian Barat 4 (UPP JBB 4) Eko Sukmawanto mengatakan, pihaknya bertugas untuk menyediakan infrastruktur ketenagalistrikan di Ibukota Jakarta.

Salah satunya, dengan membangun proyek tersebut untuk menggantikan instalasi eksisting, yaitu Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Priok Barat-Kemayoran, yang sebagian lahannya akan digunakan untuk pembangunan tapak tower infrastruktur kelistrikan transmisi 500 kV Looping Jakarta.

Baca juga : Proyek MRT Koridor Timur-Barat Dikebut

“Seiring dengan kebutuhan listrik yang meningkat, sebagian lahan SUTT 150 kV Priok Barat-Kemayoran akan digunakan untuk pembangunan SUTET 500 kV Priok-Muara Tawar, yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN)," ujarnya, melalui siaran pers, Sabtu (20/1/2024).

Sebagai gantinya, pihaknya menyiapkan SKTT ini agar sistem kelistrikan yang sudah ada tetap terjaga dan tidak menjadi kendala penyaluran energi listrik ke konsumen.

Eko menjelaskan, proyek SKTT 150 kV Priok Barat-Tx.6 Kemayoran ini mendapatkan aliran listrik yang berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Priok.

Baca juga : Ngenes, Pekerja Proyek Stadion Baru Everton Tewas Kecelakaan Kerja

Ia menambahkan, saluran transmisinya membentang sepanjang 1,38 kilometer sirkit (kms) dari Gas Insulated Switchgear (GIS) 150 kV Priok Barat hingga Tower Tx.6, yang berada di Jalan Ketel, Kelurahan Ancol, Jakarta Utara.

“Untuk proyek SKTT 150 kV Priok Barat-Tx.6 Kemayoran, terdiri dari 2 sirkit dengan panjang 1,38 kms per sirkit,” terangnya.

Sementara itu, General Manager PLN UIP JBB Defiar Anis menerangkan, infrastruktur kelistrikan ini akan memberikan keoptimalan penguatan keandalan kelistrikan dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai 78 persen.

Baca juga : PLN Buka 32 Loker, Cek Syarat Dan Tahapan Pendaftarannya Di Sini

Menggunakan teknologi transmisi dengan tipe hybrid yang mana mengkombinasikan antara sistem SKTT dan SUTT pada satu jalur transmisi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.