Dark/Light Mode

PLN Sosialisasikan Proyek SUTT 150 kV Tigaraksa II Di Tangerang

Selasa, 5 Juli 2022 21:55 WIB
Foto: Dok PLN UIP Jawa Bagian Barat
Foto: Dok PLN UIP Jawa Bagian Barat

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB) menggelar sosialisasi rencana pembangunan transmisi SUTT (Saluran Udara Tegangan Tinggi) 150 kilo Volt (kV) Tigaraksa II – Tigaraksa.

Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi, Basuki Widodo mengatakan, kegiatan yang berlangsung pada Jumat (1/7) lalu bertujuan untuk memaparkan pentingnya pembangunan SUTT tersebut bagi masyarakat dan industri di Kabupaten Tangerang.

Basuki menambahkan, kebutuhan pasokan listrik semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi, khususnya di daerah Kabupaten Tangerang. Terlebih, dengan adanya kebijakan pergeseran status pandemi Covid-19 menjadi endemi.

Untuk itu, dibutuhkan infrastruktur ketenagalistrikan yang mumpuni agar pasokan listrik bisa dinikmati masyarakat secara optimal.

Baca juga : Lestarikan Lingkungan, INSA Lakukan Transplantasi Terumbu Karang

“Pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan ini dibangun demi memenuhi kebutuhan listrik yang semakin meningkat dan menjaga keandalan listrik di Kabupaten Tangerang dan sekitarnya,” ujarnya, melalui keterangannya, Selasa (5/7).

Basuki mengungkapkan, pembangunan SUTT di Kabupaten Tangerang ini terdiri dari 41 tapak tower dengan total luas 15.575 meter persegi (m2).

“Transmisi ini akan melintasi Desa Sodong, Desa Bantar Panjang, Desa Cileles, dan Desa Cikuya di Kecamatan Tigaraksa dan Kecamatan Solear,” jelasnya.

General Manager PLN UIP JBB, Octavianus Padudung menambahkan, proyek ini merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan serta pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga : Lestari Ajak Alumni UI Jaga Nilai-Nilai Kebangsaan

Kegiatan sosialisasi ini, menurut Octavianus merupakan bagian dari tahapan persiapan dari pembangunan Transmisi SUTT 150 kV Tigaraksa II –Tigaraksa.

Selanjutnya, kata dia, akan dilanjutkan dengan tahapan pendataan awal dan konsultasi publik.

"Tentunya, kami sangat membutuhkan dukungan dari pemilik tanah, masyarakat dan pemerintah setempat dalam rangka memenuhi 100 persen kebutuhan listrik yang andal," harapnya.

Sementara itu, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan pada Sekretariat Daerah (Asda II) Kabupaten Tangerang, Yusuf Herawan mengaku akan mendukung rencana pembangunan ini.

Baca juga : Bangun Semangat Persatuan, ILUNI UI Sosialisasikan Kohesi Kebangsaan

“Kami mendukung penuh rencana pembangunan SUTT 150 kV Tigaraksa II – Tigaraksa ini karena bertujuan untuk mendukung perkembangan daerah, khususnya di Kabupaten Tangerang," ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.