Dark/Light Mode

Pertamina NRE Kembangkan Teknologi Konservasi Energi Dan Sistem Kelistrikan

Selasa, 23 Januari 2024 19:59 WIB
CEO Pertamina NRE Dannif Danusaputro (kanan) dan Country Managing Director Hitachi Energy Indonesia Predrag Grupkovic. (Dok. Pertamina NRE)
CEO Pertamina NRE Dannif Danusaputro (kanan) dan Country Managing Director Hitachi Energy Indonesia Predrag Grupkovic. (Dok. Pertamina NRE)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) mengumumkan kerja sama dengan perusahaan teknologi global di bidang ketenagalistrikan, Hitachi Energy.

Kerja sama dalam hal inovasi konservasi energi dan sistem ketenagalistrikan tersebut dilakukan melalui penandatanganan nota kesepahaman pada Senin (22/1).

Penandatanganan dilakukan oleh CEO Pertamina NRE Dannif Danusaputro dan Country Managing Director Hitachi Energy Indonesia Predrag Grupkovic.

Dalam kerja sama tersebut, keduanya sepakat untuk melakukan penelitian dan pengembangan solusi inovatif yang dapat diterapkan dalam berbagai sektor, termasuk pengelolaan sumber daya energi dan konservasi energi di lingkungan Pertamina NRE.

Baca juga : Perusahaan Teknologi Pertahanan Turki Tawarkan Kerja Sama

CEO Pertamina NRE Dannif Danusaputro mengatakan, kerja sama strategis ini mencerminkan komitmen Pertamina NRE untuk terus meningkatkan efisiensi energi dan mengadopsi teknologi terkini guna mengurangi dampak lingkungan.

"Kami percaya bahwa kolaborasi dengan Hitachi akan memberikan nilai tambah bagi Pertamina NRE dan membawa manfaat besar bagi industri energi di Indonesia," katanya.

Senada Predrag juga menyambut baik kesempatan untuk berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

Kata dia, Hitachi Energy bangga bisa berkolaborasi dengan Pertamina New and Renewable Energy untuk membantu Indonesia melakukan transisi energi yang penting menuju masa depan energi yang berkelanjutan.

Baca juga : BNPT: Perlu Penyesuaian Kelembagaan Untuk Perkuat Pencegahan Dan Deradikalisasi

"Kolaborasi ini tentunya akan memberikan kontribusi dalam upaya mitigasi iklim melalui percepatan transisi energi di Indonesia," ungkapnya.

Predrag menggarisbawahi dukungan perusahaan terhadap komitmen Indonesia dalam mempercepat transisi energi untuk mencapai target pengurangan emisi pada tahun 2060.

"Kami telah mendukung perjalanan Indonesia menuju netralitas karbon, dan kami berharap MoU yang mendorong kolaborasi antara Hitachi Energy dan Pertamina New & Renewable Energy ini akan memberikan kontribusi lebih lanjut dalam transisi energi," tambahnya.

Salah satu fokus utama dari kerja sama ini adalah pengembangan teknologi yang dapat meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi jejak karbon dalam kegiatan Pertamina NRE.

Baca juga : Pertamina Dan Toyota Kembangkan Ekosistem Hidrogen Untuk Transportasi

Hitachi Energy akan melakukan knowledge-sharing kepada Pertamina NRE terkait topik-topik sistem tenaga listrik dan energi baru dan terbarukan.

Di samping itu, dalam kerja sama ini juga akan dilakukan studi teknis bersama pada level makro yang berkaitan dengan energi baru dan terbarukan, sistem tenaga listrik hibrid, kehandalan dan konservasi energi di pembangkit listrik milik Pertamina NRE.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.