Dark/Light Mode

BRI Edukasi Nasabah Waspadai Kejahatan Perbankan Quishing

Sabtu, 27 Januari 2024 15:34 WIB
Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI Arga M Nugraha mengatakan, BRI terus memberikan edukasi terkait langkah antisipatif untuk terhindar dari kejahatan siber, termasuk quishing. (Foto: Dok. BRI)
Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI Arga M Nugraha mengatakan, BRI terus memberikan edukasi terkait langkah antisipatif untuk terhindar dari kejahatan siber, termasuk quishing. (Foto: Dok. BRI)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus mengedukasi nasabahnya, agar waspada dan terhindar dari segala jenis bentuk kejahatan perbankan terkait maraknya salah satu kasus kejahatan siber yang terbaru, yakni quishing.

Kejahatan ini menggabungkan teknik phishing dengan teknologi Quick Response (QR) untuk pembayaran elektronik dalam upaya mencuri informasi dan data pribadi, keuangan, atau kredensial (user ID, password, PIN, OTP, dan lainnya) pengguna.

Baca juga : Rupiah Masih Lemah Hadapi Tekanan Timur Tengah

“Terdapat beberapa metode quishing yang umum diterapkan pelaku. Di antaranya manipulasi kode QR, kode QR dengan tautan tujuan berupa situs phishing, dan kode QR dengan memasukkan aplikasi bertujuan jahat (malware injection),” ujar Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI Arga M Nugraha dalam keterangan resmi, Sabtu (27/1/2024).

Ia mengatakan, BRI terus memberikan edukasi terkait langkah antisipatif untuk terhindar dari kejahatan siber, termasuk quishing. Quishing merupakan tindakan penipuan dan kejahatan yang dapat menimbulkan kerugian baik bagi bank dan bagi masyarakat.

Baca juga : Dukung Petani Mandiri, Ganjar Janji Hadirkan Satu Data Pertanian

“Melalui edukasi ini, diharapkan perhatian dan kewaspadaan masyarakat semakin meningkat, terutama dalam mengenali modus dan praktik quishing,” kata Arga.

Dengan selalu menjaga kerahasiaan data serta tetap hati-hati dalam menerima pesan yang ada, berbagai modus penipuan dapat dihindari.

Baca juga : Kolaborasi BNI dan IPPAT Hadirkan Pembuatan KTA Berbasis Rekening

“BRI selalu mengedukasi serta mengajak seluruh masyarakat untuk selalu waspada akan modus penipuan baru, termasuk quishing,” jelasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.