Dark/Light Mode

Dukung Petani Mandiri, Ganjar Janji Hadirkan Satu Data Pertanian

Jumat, 12 Januari 2024 08:35 WIB
Capres Ganjar Pranowo ketika menjadi tamu pertama dalam dialog Capres dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin Indonesia), Kamis (11/1/2024). (Foto: TKN Ganjar - Mahfud)
Capres Ganjar Pranowo ketika menjadi tamu pertama dalam dialog Capres dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin Indonesia), Kamis (11/1/2024). (Foto: TKN Ganjar - Mahfud)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengatakan kemandirian dalam sektor pertanian untuk menyokong ketahanan pangan harus ditempuh melalui berbagai langkah serius.

Hal itu disampaikan Ganjar ketika menjadi tamu pertama dalam dialog Capres dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Kamis (11/1/2024).

Baca juga : Siapkan Bahan Baku Farmasi, Ganjar-Mahfud Janji Bangun Kawasan Industri Kesehatan

"Salah satunya dimulai dengan pembenahan data pertanian agar dapat diketahui dengan jelas kekuatan dan kelemahan sektor pertanian Indonesia," kata Ganjar.

Ganjar menegaskan, berbagai upaya untuk menghadirkan pertanian yang mandiri harus dimulai dengan satu data pertanian Indonesia.

Baca juga : IKN Jadi Referensi Ganjar-Mahfud Perkuat Pertahanan Indonesia

Dia menambahkan, satu data pertanian diperlukan untuk mengetahui secara pasti perihal luas lahan hingga lokasi. Sehingga akan mempermudah penyaluran subsidi pupuk yang tepat sasaran.

“Ketika saya luncurkan data petani lewat program kartu tani. Lalu pakai Geotech maka distribusinya harusnya bisa. Kalau tanpa itu kita akan manual terus sampai hari ini,” jelas Ganjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.