Dark/Light Mode

BI Pede Hadapi Tantangan Pasar Keuangan Global

Keberhasilan Kita Jaga Ekonomi Patut Disyukuri

Kamis, 1 Februari 2024 07:10 WIB
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo. (Foto: Antara)
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Sedangkan Deputi Gubernur BI Aida S Budiman menyoroti tiga isu utama yang dinilai penting menjadi perhatian bagi Bank Sentral, yaitu dinamika dalam dunia keuangan global pada 2024 yang diawali dengan optimisme yang memerlukan kewaspadaan.

Aida juga menekankan isu terkait strategi kunci untuk menghadapi tantangan. Strategi bauran kebijakan BI mengacu pada Consistency, Innova­tion and Synergy (CIS).

Baca juga : Bos BI Optimis Hadapi Tantangan Pasar Keuangan Global

Isu selanjutnya, juga terma­suk resiliensi cadangan devisa perlu tetap dijaga dalam mengantisipasi fluktuasi ekonomi dengan tetap memegang prin­sip liquidity, security dan profitability.

Sebelumnya, Deputi Gubernur BI Doni P Joewono menyatakan, BI sudah memperkuat digitalisasi layanan kebanksentralan melalui penyederhanaan inte­grasi layanan perizinan secara digital.

Baca juga : Kemendagri Tuntaskan Tunggakan Beasiswa Siswa Unggul Papua

“Bank Indonesia memperkuat transformasi melalui perizinan terpadu dan launching fitur e-tracking aplikasi e-Licensing, dengan prinsip profesional, akuntabel, simpel, transparan dan informatif,” kata Doni.

Menurutnya, berbagai inisiatif perbaikan yang berkelanjutan telah dilakukan BI sebagai upaya simplifikasi prosedur, penguatan transformasi digital, upaya kolaborasi antara BI dengan mitra strategisnya baik di level nasional dan internasional, sehingga menjadikan layanan kebanksentralan BI semakin baik dan agile.

Baca juga : Ketemu 4 Mata Dengan Sri Sultan, Mentan Bahas Ekonomi Dan Pertanian

Dalam memberikan layanan kebanksentralan, BI bersinergi dengan Pemerintah dan mitra strategis melalui kolaborasi dalam kerangka harmonisasi kebijakan moneter dan fiskal, pemrosesan transaksi keuangan Pemerintah, kontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional, serta pengembangan infrastruk­tur antar lembaga dalam rangka mendukung penyelesaian trans­aksi keuangan.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis 1/2/2024 dengan judul BI Pede Hadapi Tantangan Pasar Keuangan Global, Keberhasilan Kita Jaga Ekonomi Patut Disyukuri     

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.