Dark/Light Mode

Ditopang Innova Zenix Dan Yaris Cross, Toyota Jual 37.736 Mobil Listrik Tahun Lalu

Jumat, 2 Februari 2024 14:50 WIB
Toyota Kijang Innova Zenix. (Foto: Ist)
Toyota Kijang Innova Zenix. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Toyota Astra Motor (TAM) mencatat penjualan mobil elektrifikasi (xEV) tahun lalu mencapai 37.736 unit. Jumlah ini meroket dari penjualan 2022, yaitu 4.436 unit.

Kijang Innova Zenix HEV (Hybrid Electric Vehicle) berhasil menjadi lokomotif penjualan xEV Toyota dengan total whole sales 27.705 unit di tahun 2023, diikuti Yaris Cross HEV 5.476 unit dan Corolla Cross HEV 1.217 unit. Yang makin membanggakan karena Kijang Innova Zenix HEV dan Yaris Cross HEV merupakan produksi Indonesia.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pelanggan kepada mobility solution Toyota sehingga whole sales 2023 dapat meningkat. Launching All New Kijang Innova Zenix serta Yaris Cross mendapatkan animo positif masyarakat, khususnya model HEV yang langsung memimpin penjualan kendaraan elektrifikasi kami,” ujarnya saat media gathering, di Jakarta, Jumat (2/2).

Dengan kian lengkapnya pilihan model baru Toyota khususnya xEV tahun ini, dia berharap dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mendorong pertumbuhan penjualan kendaraan roda empat serta menghadirkan ever better cars yang sesuai kebutuhan pelanggan.

Untuk diketahui, pada tahun lalu, penjualan Toyota termasuk Lexus meningkat dari 332.443 unit di 2022 menjadi 339.292 unit di 2023. Kenaikan ini juga menaikkan market share TAM sebesar 31,7 persen pada 2022 menjadi 33,7 persen pada 2023.

Baca juga : Permintaan Tinggi, Toyota Jual 16.976 Hilux Double Cabin Tahun Lalu

Data menunjukkan kenaikan signifikan penjualan xEV Toyota dari hanya 1.935 unit (0,7 persen dari total penjualan Toyota) di 2021, menjadi 4.436 unit (1,3 persen) di 2022, dan mencetak rekor baru 37.736 unit (11,1 persen) di 2023.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy mengatakan, pihaknya menghadirkan pilihan lengkap kendaraan elektrifikasi (xEV) mulai dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Battery Electric Vehicle (BEV), dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Selain itu, All New Kijang Innova Zenix yang membawa DNA Kijang, mampu membangkitkan minat keluarga terhadap mobility solution yang andal, khususnya opsi teknologi elektrifikasi HEV di seluruh grade Kijang Innova Zenix.

Sebagai model xEV paling populer di masyarakat, kontribusi penjualan Hybrid EV di pasar otomotif Indonesia adalah 2.489 unit (2021), 10.369 unit (2022), dan naik drastis 54.307 unit (2023). Perubahan mendasar yang revolusioner bermodalkan aplikasi platform baru dan opsi hybrid powertrain pada MPV idaman keluarga Indonesia ini, menghadirkan pengalaman berkendara yang luar biasa sejak diluncurkan pada akhir 2022 lalu.

Anton menambahkan, dengan kandungan lokal 80 persen, Yaris Cross HEV memiliki value for money tinggi di mata pelanggan, khususnya harga yang kompetitif untuk sebuah kendaraan all-rounder yang canggih dan sanggup memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan dengan cara yang efisien dan ramah lingkungan. Kontribusi penjualan 5.476 unit atau 14,5 persen dari total sales xEV Toyota tahun lalu, menegaskan hal tersebut.

Sesuai visi menghadirkan ever-better cars, Toyota memasukkan teknologi elektrifikasi sebagai bagian dari Multi Pathway Strategy dalam berkontribusi menekan emisi karbon. Yaris Cross HEV dilengkapi hybrid powertrain 2NR-VEX 1.500 cc 4 silinder bertenaga 67 kW dan torsi 121 Nm pada mesin serta bertenaga 59 kW dan torsi 141 Nm pada motor listrik. 

Baca juga : Ditopang Hybrid, Toyota Ekspor 285.000 Mobil

Toyota Hybrid System (THS) mengendalikan motor bakar dan motor listrik secara optimal sehingga dapat menghasilkan efisiensi bahan bakar maksimal hingga di angka 1:31 atau 1 liter bahan bakar untuk 31 km. Pengembangan pada motor listrik dan pemakaian baterai Lithium-Ion yang lebih kompak, berkontribusi untuk menghasilkan linier performance yang semakin kuat dan intuitif, tapi hemat bensin dan hening. 

Adanya EV Mode memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk merasakan langsung keunikan karakter berkendara sebuah kendaraan listrik murni yang senyap, responsif, dan tidak membutuhkan bahan bakar. Biaya kepemilikan juga tetap terhitung rendah karena tidak diperlukan perawatan tambahan, serta harga sparepart baterai yang relatif lebih murah dibanding Battery EV.

Selain Hybrid, xEV jenis Battery Electric Vehicle (BEV) yaitu Toyota bZ4X yang merupakan BEV Toyota pertama yang dipasarkan di Indonesia penjualannya telah mencapai 479 unit di tahun 2023. Menggunakan all new platform e-TNGA khusus BEV ditambah aplikasi berbagai fitur canggih di sektor comfort, safety, dan ride quality, BEV ini telah dipercaya oleh pemerintah Indonesia dalam berbagai event bertaraf internasional seperti Konferensi G20, ASEAN Summit, dan AIS Summit.

Melengkapi lineup xEV Toyota, memasarkan All New RAV4 GR Sport PHEV. Kehadirannya langsung memikat hati pelanggan Indonesia. Kombinasi model GR Sport yang mendapat tuning langsung dari GAZOO Racing dengan sentuhan teknologi elektrifikasi semakin meningkatkan rasa ­­fun-to-drive dari model ini. 

Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dasarnya sama dengan HEV, tapi supaya lebih fleksibel dan dapat meningkatkan jarak tempuh full Electric Vehicle (EV). Premium sporty SUV ini juga dapat isi ulang baterai penggerak motor listrik layaknya BEV secara gratis di Ultra Fast Charging Station Toyota di Astha Mal SCBD, beberapa rest areaJalan Tol Trans Jawa, dan lebih dari 95 dealer resmi Toyota di seluruh Indonesia.

Baca juga : Tekan Emisi Karbon, Toyota Jalankan Visi Mobility For All

Anton mengatakan, Toyota mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam program netralitas karbon melalui berbagai langkah yang paling sesuai kemampuannya. Dengan semakin lengkapnya pilihan xEV Toyota, pelanggan dapat menentukan sendiri cara menekan emisi karbon dengan tetap memperhatikan kebutuhan dasar mobility solution yang pas dan berkelanjutan. 

“Antusiasme masyarakat atas kendaraan elektrifikasi merupakan salah satu kunci penting pertumbuhan whole sales Toyota tahun 2023. Sejalan visi Total Mobility Solution, Toyota akan menambah pilihan xEV khususnya Hybrid EV di masa depan mengingat jenis ini paling sesuai kebutuhan mobilitas di Indonesia,” tutup Anton.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.