Dark/Light Mode

Perluas Jaringan Layanan Penjemputan Paket, KAI Logistik Optimalkan Bisnis Kurir

Jumat, 2 Februari 2024 16:34 WIB
KAI Logistik perluasjaringan layanan penjemputan dan pengantaran paket ke alamat tujuan, melalui aplikasi KAI Logistik TRAX. (Foto: Dok KAI Logostik)
KAI Logistik perluasjaringan layanan penjemputan dan pengantaran paket ke alamat tujuan, melalui aplikasi KAI Logistik TRAX. (Foto: Dok KAI Logostik)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero), KAI Logistik melakukan perluasan layanan penjemputan dan pengantaran paket ke alamat tujuan, yang dilayani melalui aplikasi KAI Logistik TRAX.

Direktur Utama KAI Logistik TLN Ahmad Malik Syah mengatakan, dengan adanya layanan tersebut, pihaknya kian memantapkan dalam melakukan terobosan optimasi bisnis kurir melalui KALOG Express.

Terlebih, dinamika di industri logistik menjadi tantangan, sekaligus peluang khususnya bagi segmen layanan kurir.

"Layanan penjemputan dan pengantaran paket ke alamat tujuan ini, berlaku untuk radius 10 kilometer (Km) dari titik service point KALOG Express dengan waktu penjemputan di hari yang sama untuk pemesanan sebelum pukul 12 siang," ujar Malik, melalui siaran pers, Jumat (2/2/2024).

Ia menilai, kemudahan dan kenyamanan dalam mengakses layanan, kini menjadi prioritas dan merefleksikan komitmen customer-oriented.

Baca juga : Pake Akal Sehat Kita Untuk Tentukan Pilihan Di Pemilu

Untuk itu, KALOG Express melakukan ekstensifikasi layanan melalui perluasan jaringan layanan penjemputan paket, termasuk pengantaran hingga ke alamat tujuan melalui aplikasi KAI Logistik TRAX.

"Targetnya, layanan ini dapat menjangkau lebih dari 70 titik kota atau kabupaten yang dilakukan secara bertahap," kata Malik.

Langkah strategis ini, kata dia, sekaligus mewujudkan tagline Ispossible yang berarti semuanya menjadi mungkin, termasuk memenuhi kebutuhan pengiriman paket yang mudah dan nyaman.

Malik menambahkan, sejak diperkenalkan pada 2022, layanan penjemputan masih terbatas di 6 kota. Kini, layanan penjemputan tersedia di 12 kota atau kabupaten, di antaranya Bandar Lampung, Jakarta, Bekasi, Cikampek, Bandung, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Ketapang, Denpasar dan akan dilanjutkan ke 60 kota atau kabupaten lainnya dalam waktu dekat.

Selain itu, dengan mengedepankan inovasi kemudahan layanan, aplikasi KAI Logistik TRAX kian unggul dengan berbagai penyempurnaan, di antaranya diversifikasi produk layanan yang dapat dikirim menggunakan aplikasi KAI Logistik TRAX.

Baca juga : LG Resmi Hadirkan Layanan Penjualan, Diskon Hingga Gratis Ongkir

Sebelumnya, aplikasi KAI Logistik TRAX hanya memfasilitasi pengiriman dan pengantaran dokumen dan paket seberat maksimal 10 kg.

Kini, KAI Logistik TRAX dapat melayani pengiriman berupa dokumen, paket, sepeda hingga sepeda motor dengan berat maksimum 300 kg.

Bahkan, pelanggan juga dapat memesan layanan packing untuk pengiriman motor dan sepeda sebagai nilai tambah yang ditawarkan. 

Tak hanya itu, aplikasi KAI Logistik TRAX juga menawarkan opsi pengantaran paket secara langsung oleh pelanggan ke service point, yang telah ditentukan saat melakukan pemesanan pada aplikasi.

"Sehingga, pelanggan tidak perlu melakukan transaksi pengiriman melalui petugas," katanya.

Baca juga : Prabowo: Persaingan Jangan Jadi Permusuhan, Baik-baik Saja

Selain melakukan pemesanan dan pembayaran secara digital, aplikasi KAI Logistik TRAX juga menawarkan fitur lain, seperti pengecekan tarif, pengecekan lokasi service point, pickup paket dan drop paket hingga melakukan pelacakan posisi paket secara real time.

Aplikasi KAI Logistik TRAX ini juga melengkapi aplikasi yang telah dimiliki oleh induk, yaitu Access by KAI  yang menawarkan kemudahan dalam mengakses informasi tarif, lokasi service point, hingga pelacakan.

Malik berharap, inovasi kemudahan layanan ini mampu menjadi solusi bagi ragam pelanggan dengan mobilisasi tinggi dan waktu yang terbatas di kota-kota besar.

"Peluang tersebut, diharapkan mampu menyumbang setidaknya 7 persen dari total target angkutan bisnis kurir tahun 2024,” pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.