Dark/Light Mode

Program Rumah Zakat Digenjot Untuk Beri Manfaat Hingga Pelosok

Sabtu, 3 Februari 2024 18:27 WIB
Foto: Fajar Elpradianto/RM
Foto: Fajar Elpradianto/RM

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah mengapresiasi inisiatif Rumah Zakat dalam upaya membantu masyarakat kurang mampu sekaligus memberdayakan mereka hingga pelosok daerah.

Lembaga amil zakat nasional tersebut meluncurkan gerakan baru di awal tahun 2024 yakni, #ManfaatHebat.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar berharap, gerakan dan program yang disiapkan Rumah Zakat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat.

Gerakan #ManfaatHebat juga mendorong banyak orang untuk ikut menebar kebaikan.

“Melalui gerakan ini kami harapkan kebaikan dilakukan oleh semua anak bangsa. Kita bersama-sama mewujudkan manfaat hebat,” ujarnya dalam sambutannya secara virtual yang disiarkan dalam peluncuran Gerakan #ManfaatHebat,di Jakarta, dikutip Sabtu (3/2/2024).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno juga mendukung berbagai program Rumah Zakat yang telah dipercaya dalam pengelolaan zakat, infaq, dan sedekah secara profesional.

Baca juga : Indonesia Ikut Program Regulasi Vaksin ADB di Kawasan Asia Pasifik

Rumah Zakat selama ini menitikberatkan kegiatannya pada program pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan pemberdayaan ekonomi sebagai penyaluran program unggulan.

“Semoga seluruh rangkaian yang telah dihadirkan di Rumah Zakat bisa mewujudkan kebahagiaan hakiki bagi masyarakat di berbagai daerah,” ucap Sandi.

CEO Rumah Zakat Irvan Nugraha mengungkapkan, gerakan #ManfaatHebat bertujuan mewujudkan kebaikan berdampak, membahagiakan, dan menjangkau luas.

“Tahun ini Rumah Zakat memiliki target untuk membahagiakan 1,8 juta penerima manfaat,” ujarnya.

Penerima manfaat itu dikelompokkan pada program bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, kebencanaan dan kemanusiaan.

Sebanyak 24 persen penerima manfaat di bidang ekonomi ditargetkan keluar dari garis kemiskinan.

Baca juga : Gibran: Papua Harus Terus Dibangun, Tidak Boleh Ditinggalkan

Sebagai lembaga zakat dan kemanusiaan, Rumah Zakat berkomitmen untuk menjadi mitra pemerintah yang tercepat dan terdepan dalam upaya pemberdayaan masyarakat serta penanggulangan bencana.

“Insya Allah tahun ini kami tetap berupaya mengajak masyarakat tetap berbagi kepada sesama baik yang ada di Indonesia maupun Gaza, Palestina,” harapnya.

Pada 2023, sebanyak 1,6 juta penerima manfaat terbantu dari beragam program pemberdayaan yang terintegrasi dengan menggunakan pendekatan Desa Berdaya. Sebanyak 1.737 Desa Berdaya hadir di 34 provinsi di Indonesia.

“Alhamdulillah Rumah Zakat mendapatkan kepercayaan dari para donatur dan mitra untuk mengelola dana Rp 366,4 miliar dengan kinerja sangat efektif dimana tingkat penyaluran sebesar 94,4 persen,” tutur Irvan.

Pada 2023, program pemberdayaan dan kemanusiaan yang dilakukan Rumah Zakat memiliki kontribusi pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), karena sejalan dengan 13 tujuan dan 46 indikator SDGs.

Hal tersebut dapat terwujud berkat kepercayaan dari 795 ribu donatur Rumah Zakat baik perorangan, komunitas, dan korporat.

Baca juga : PSI: Gibran Tampil Apa Adanya Saat Debat Cawapres, Berani Dan Buat Forum Hangat

Pada tahun 2023, Rumah Zakat turut aktif dalam aksi kemanusiaan dan kebencanaan di 198 titik di 21 provinsi dan 9 negara.

Bersama pemerintah Indonesia dan juga beragam organisasi kemanusiaan, Rumah Zakat menyalurkan bantuan untuk Gaza yang merupakan titipan dari 70 ribu donatur dan 226 mitra komunitas dan korporat.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) bekerja sama Rumah Zakat memberikan perhatian khusus bagi masyarakat lansia (lanjut usia) dengan membangun pesantren lansia cendekia.

Chief Program Officer Rumah Zakat Muhammad Sobirin, menyampaikan pembangunan pesantren lansia ini untuk memuliakan para lansia dan memberikan kegiatan yang bermanfaat agar mereka lebih produktif dan semakin mengenal penciptanya.

Ia mengatakan, pesantren tersebut ke depannya merupakan tempat bagi lansia untuk mendapatkan pembinaan yang holistik-integratif sesuai kebutuhan dasar lansia.

“Kami berusaha agar para lansia ini semakin dekat dengan Rabb-nya, memiliki kualitas hidup yang baik, istiqamah dan produktif dalam beramal," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.