Dark/Light Mode

Pelindo Multi Terminal Catatkan Kinerja Moncer di 2023

Rabu, 7 Februari 2024 14:35 WIB
Terminal Jamrud yang dioperasikan oleh SPMT. (Foto: Istimewa)
Terminal Jamrud yang dioperasikan oleh SPMT. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) subholding PT Pelindo (Persero) meraih kinerja yang positif sepanjang 2023.

Hal ini tak lepas dari transformasi di seluruh pelabuhan yang dimulai dari tahap standarisasi, diikuti oleh sistemisasi, dan dilanjutkan dengan melakukan integrasi.

Direktur Operasi Pelindo Multi Terminal Arif Rusman Yulianto menjelaskan, secara rinci transformasi dilakukan pada berbagai aspek mulai dari proses bisnis, peralatan, SDM, infrastruktur, Health, Safety, Security and Environment (HSSE), hingga teknologi.

"Sepanjang 2023, SPMT telah melakukan transformasi di 24 cabang pelabuhan. Dimulai dari perbaikan planning and control, serta improvement traffic flow sehingga kegiatan bongkar muat menjadi lebih maksimal," kata jelas Arif di Surabaya, Jawa Timur, dikutip Rabu (7/2/2024).

Imbasnya, terjadi peningkatan aktivitas bongkar muat di seluruh pelabuhan. Mulai dari muatan barang curah kering seperti batubara, bijih besi, gula, kedelai dan lainnya, naik 5,9 persen secara tahunan atau year on year (yoy) sebesar 55,1 juta ton di tahun 2023.

Baca juga : Relawan Pimpinan Habib Luthfi Doakan Prabowo Menang Pilpres 2024

Sementara, pelayanan arus muatan curah cair naik 8,9 persen menjadi 30,3 juta ton di akhir 2023.

Kemudian, arus general cargo dan bag cargo naik 9,8 persen dibandingkan 2022 menjadi 25,2 juta ton, dan arus barang berupa gas melonjak 49,8 persen menjadi 13,1 juta million british thermal unit (MMBTU).

Lalu, arus barang berupa kendaraan juga mengalami peningkatan mencapai 1,5 juta unit atau naik 8,4 persen dari pada 2022.

Arus peti kemas naik juga 1,1 persen dari 2022 menjadi 429 ribu twenty-foot equivalent unit (TEUs). Arif menambahkan, sejak serah terima operasi terminal, SPMT terus berbenah diri dengan melakukan proses transformasi yang bertujuan untuk melakukan standarisasi seluruh pelabuhan yang dikelola di seluruh Indonesia.

Adapun proses transformasi diawali dengan melakukan standarisasi di Pelabuhan Tanjung Intan, Cilacap.

Baca juga : Politik Rem Dan Kaca Spion

Hingga 2024, SPMT yang berdiri sejak 2021 ini mengelola 32 cabang pelabuhan yang sebagian dikelola oleh anak perusahaan, yaitu PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IKT), Pelabuhan Tanjung Priok (PTP), dan PT Terminal Curah Utama (TCU).

Tak hanya itu, untuk mendukung proses transformasi pelabuhan, SPMT juga mengimplementasikan sistem operasi pelabuhan multi terminal yang terintegrasi yang disebut PTOS-M (Pelindo Terminal Operating System Multipurpose) yang merupakan inisiatif strategis Pelindo Group.

PTOS-M memiliki arsitektur yang terintegrasi dengan sistem-sistem lain seperti customer portal, sistem layanan kapal, dan sistem layanan keuangan.

Selain terintegrasi dengan beberapa sistem, PTOS-M memiliki fitur yang memberikan kemudahan layanan seperti online booking request, operation planning, storage inventory, serta control & monitoring.

Selain itu, kata Arif, transformasi bisnis yang dilakukan berdampak pada peningkatan produktivitas ton/ship/day serta penurunan port stay dan cargo stay yang signifikan.

Baca juga : BPJamsostek Mampang Bayarkan Klaim JKP Sebesar 3 Miliar di 2023

Untuk meningkatkan layanan end to end kepada pengguna jasa serta sebagai salah satu langkah dalam meningkatkan market share, SPMT melaksanakan program peningkatan status terminal multipurpose menjadi dedicated terminal.

Terminal tersebut adalah Terminal Curah Cair (TCC) Ujung Baru, Terminal Curah Kering (TCK) Ujung Baru, TCK IKD 2 dan IKD 3 Pelabuhan Belawan; TCC Dermaga CPO I dan CPO II Pelabuhan Bagendang; TCK Dermaga C dan TCC Dermaga B sisi dalam Pelabuhan Dumai; TCK Multipurpose 2 Pelabuhan Tanjung Intan, TCC Jetty 1 dan 2 Pelabuhan Bumiharjo; serta TCC Martapura Baru Pelabuhan Trisakti.

Di tahun ini, SPMT akan terus melakukan transformasi pada 5 terminal yaitu Malahayati, Lhokseumawe, Parepare, Garongkong, dan Lembar.

"Pelindo Multi Terminal bertekad takkan berhenti bertransformasi, mengoptimalkan operasional, memperluas ekspansi bisnis, meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, menjadi yang terbaik untuk Indonesia," tegasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.