Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Jelang Pemilu, Pertamina Pastikan Stok BBM dan LPG Bagi Masyarakat Kalimatan Aman

Senin, 12 Februari 2024 20:19 WIB
Menjelang Pemilu, Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan membentuk Tim Satuan Tugas SATGAS Pengendalian dan Pemantauan Kelancaran BBM dan LPG. (Ilustrasi Pertamina)
Menjelang Pemilu, Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan membentuk Tim Satuan Tugas SATGAS Pengendalian dan Pemantauan Kelancaran BBM dan LPG. (Ilustrasi Pertamina)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan dilaksanakan 14 Februari 2024, PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan membentuk Tim Satuan Tugas (SATGAS) Pengendalian dan Pemantauan Kelancaran BBM dan LPG Masa Pemilihan Umum 2024 yang aktif sejak 5 Februari 2024 dan akan bertugas hingga 18 Februari 2024 mendatang.

Tujuan dibentuknya Satgas Pemilu yaitu untuk memonitor penyaluran dan distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Liquified Petroleum Gas (LPG) serta memastikan ketersediaan stok BBM dan LPG tersedia bagi masyarakat di Kalimantan.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Arya Yusa Dwicandra mengatakan, Pertamina Patra Niaga di Regional Kalimantan mencatat selama periode 1 Januari hingga 10 Februari 2024, rerata konsumsi BBM di wilayah Kalimantan untuk produk Gasoline (Pertalite dan Pertamax Series) sekitar 7.867 KL/hari.

"Untuk produk Gasoil (Solar dan Dex Series) sekitar 3.134 KL/hari dan rerata konsumsi untuk LPG sekitar 1.564 MT/hari. Sedangkan ketahanan hari akumulatif stok per tanggal 11 Februari 2024 ini untuk BBM jenis Gasoil sekitar 10 hari, Gasoline sekitar 13 hari dan LPG sekitar 6 hari," ujar Arya, Senin (12/2/2024).

Baca juga : Jokowi Instruksikan Erick Pastikan Stok Beras Aman

Menurutnya, hal ini menunjukkan bahwa kondisi stok mencukupi dan dalam keadaan aman.

Lebih lanjut Arya mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir terkait ketersediaan BBM dan LPG karena Patra Niaga akan selalu memastikan distribusi BBM dan LPG berjalan dengan lancar dan aman.

“Pertamina Patra Niaga telah berkoordinasi dengan berbagai pihak seperti aparat kepolisian, Dishub, BPH Migas, serta Pemerintah Daerah dalam pengamanan kondisi selama Pemilu 2024 ini," ucapnya.

Meskipun stok dipastikan dalam keadaan aman, Pertamina Patra Niaga tetap mengimbau masyarakat untuk menggunakan energi dengan bijak yaitu bagi masyarakat yang mampu secara ekonomi tidak menggunakan BBM atau LPG bersubsidi.

Baca juga : Pertamina Patra Niaga Regional JBB Siagakan Satgas Distribusi BBM dan LPG

“Hal ini terus kami gaungkan ke masyarakat agar program subsidi tepat sasaran baik untuk BBM dan LPG berjalan dengan efektif sehingga masyarakat yang memang berhak menikmati subsidi bisa mendapatkannya dengan mudah,“ tambah Arya.

Sebagai sub holding Commercial & Trading dari PT Pertamina (Persero), PT Pertamina Patra Niaga tentunya akan terus berkomitmen memastikan kelancaran distribusi energi kepada masyarakat.

Sementara itu, Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan tiga hari jelang pelaksanaan Pemilu 2024 stok energi di seluruh Indonesia terpantau aman.

“Pertamina siaga penuh mengamankan pasokan energi sebagai bentuk dukungan terhadap pelaksanaan pemilu damai,” ujar Fadjar.

Baca juga : Muhajir Tekankan Agar Presiden Dan KPU, Bawaslu Tunjukkan Netralitas

Bagi masyarakat yang membutuhkan informasi lebih lanjut terkait ketersediaan BBM, LPG dan produk Pertamina lainnya serta ingin mengetahui kegiatan Satgas Pemilu dapat menghubungi kontak Pertamina 135 atau melalui aplikasi MyPertamina.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.