Dark/Light Mode

Penggunaan Software ERP Mampu Naikkan Produktivitas Hingga 67 Persen

Senin, 26 Februari 2024 22:43 WIB
Ilustrasi penggunaan software ERP dari Ukirama. (Foto: Ukirama)
Ilustrasi penggunaan software ERP dari Ukirama. (Foto: Ukirama)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil riset yang dirilis Ukirama, Selasa, 12 Desember 2023, menunjukkan kenaikan produktivitas perusahaan hingga 67 persen setelah implementasi software ERP. Riset dilakukan terhadap 120 responden dari 42 perusahaan berskala menengah hingga besar di Indonesia, yang sudah mengadopsi software ERP selama sedikitnya 1 tahun terakhir.

Angka ini sesuai dengan keterangan dari para karyawan divisi accounting, finance, dan supply chain. ERP menghemat waktu untuk manajemen toko dalam merekap data dan membuat laporan menjadi 82 persen lebih cepat. Manajemen supply chain menghemat waktu sebanyak 59 persen dalam membuat laporan stok, sementara accounting dan finance menghemat waktu pembuatan laporan keuangan sebanyak 57 persen berkat ERP.

Baca juga : Puncaki Perolehan Suara DPR di Lampung 1, Kadafi Ajak Kawal Hingga Pleno KPU

Michael Wibisana, co-founder dari gerai food and beverages Feel Matcha, mengemukakan manfaat yang dirasakannya setelah menggunakan Ukirama ERP. Hasilnya, makanan dan minuman yang terbuang (food waste) berkurang hingga 50 persen.

“Kami menjadi tahu apakah pendistribusian dari central kitchen ke setiap outlet itu sudah optimal atau belum. Sebelumnya, kami kesulitan untuk tracking, produk atau bahan baku mana saja yang waste di setiap outlet,” ucap Michael, dalam keterangan yang diterima redaksi, Selasa (27/2).

Baca juga : Lapor Presiden, Mentan Pastikan Produksi Padi Dan Jagung Berjalan Baik

Pada 2024, Ukirama hadir menjawab kebutuhan bisnis di Indonesia atas software ERP yang simpel, user-friendly, dengan support team yang dependable. Ukirama menyediakan layanan software as a service (SaaS) berbasis cloud, dan mengunggulkan modul-modul, seperti dashboard business intelligence, inventory management, manufacturing, hingga payroll dalam satu software.

“Para pemilik bisnis melaporkan kenaikan efisiensi sebesar 67 persen. Ini suatu lonjakan yang besar sekali,” terang Direktur Ukirama, Kevin Eka Putra.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.