Dark/Light Mode

Perkuat Garda Samudra, Ganjar-Mahfud Janji Naikan Anggaran Pertahanan 2 Persen

Kamis, 11 Januari 2024 17:46 WIB
Pasangan Capres-Cawapres nomor urut tiga Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan menaikan anggaran pertahanan sebesar 2 persen. (Foto: Instagram @ganjar_pranowo)
Pasangan Capres-Cawapres nomor urut tiga Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan menaikan anggaran pertahanan sebesar 2 persen. (Foto: Instagram @ganjar_pranowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasangan Capres-Cawapres nomor urut tiga Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan menaikan anggaran pertahanan sebesar 2 persen.

Alasannya untuk melakukan transformasi pertahanan menjadi Garda Samudra.

Baca juga : TPN: Bentuk Badan Siber, Inovasi Ganjar-Mahfud Jamin Keamanan Nasional

"Indonesia membutuhkan anggaran pertahanan hingga 2 persen dari produk domestik bruto (PDB)," kata Anggota Eksekutif Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Reine Prihandoko, Kamis (11/1/2024).

Saat ini, kaya Reine, Indonesia masih jauh dari upaya modernisasi karena anggarannya masih berada di bawah 1 persen dari PDB. 

Baca juga : Kaukus Muda Beringin 03 Dukung Ganjar-Mahfud, Ini Peringatan Keras DPP Golkar!

Indonesia juga masih harus menghadapi sejumlah tantangan dalam melakukan modernisasi pertahanan.

“Menurut data dari Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP), pada tahun 2023, capaian minimun essential force (MEF) Indonesia sebesar 65,49 persen dari target, yang bahkan sudah disesuaikan ulang menjadi  sebesar 79 persen,” pungkas Reine.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.