Dark/Light Mode

Gaet Wisatawan, Kantor Pelayanan Pariwisata Taiwan Di Jakarta Resmi Dibuka

Kamis, 29 Februari 2024 07:47 WIB
Peresmian Kantor Pelayanan Pariwisata Taiwan di GoWork Central Park Jakarta, Rabu (28/2/2024). (Foto: Merry Apriyani/Rakyat Merdeka/RM.id)
Peresmian Kantor Pelayanan Pariwisata Taiwan di GoWork Central Park Jakarta, Rabu (28/2/2024). (Foto: Merry Apriyani/Rakyat Merdeka/RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Administrasi Pariwisata Kementerian Perhubungan dan Komunikasi (MOTC) membuka kantor pelayanan pariwisata di GoWork Central Park, Jakarta.

Hal ini guna mempererat hubungan pariwisata dengan Indonesia dan mendorong peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Taiwan.

"Indonesia adalah pasar utama yang secara aktif dikembangkan oleh Taiwan. Administrasi Pariwisata Taiwan tidak hanya mementingkan turis China, tapi juga mempersiapkan pasar Muslim yang besar," ungkap Deputi Direktur Jenderal Administrasi Pariwisata Kementerian Perhubungan dan Komunikasi Taiwan, Chou Ting Chang, dalam acara peresmian di Jakarta, Rabu (28/2/2024).

Chou menyebutkan bahwa saat ini sudah banyak fasilitas di tempat-tempat wisata yang dibuat agar lebih ramah muslim seperti tempat beribadah sampai makanan halal. Adapun, sebelum pandemi kunjungan ke Taiwan dari Indonesia mencapai 229.000 orang dalam setahun.

Sementara, pada 2023 kunjungan ke Taiwan baru mencapai 201.950 orang.

Baca juga : Petani Sawit Kalbar Contek Pola Kemitraan Petani dan PTPN IV Regional 3 Riau

"Kami berharap semakin banyak semakin baik. Kalau bisa melebihi capaian tahun lalu. Semoga dengan berbagai kampanye yang kami lakukan bisa sampai 250.000 orang dari Indonesia," ujar Chou.

Dengan dibukanya kantor layanan pariwisata Taiwan, juga bisa membantu masyarakat Indonesia yang akan berkunjung ke Taiwan untuk pembuatan visa.

Selain itu, jika wisatawan sudah pernah mengunjungi Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat, Australia, dan Uni Eropa, cukup dengan mengajukan aplikasi visa lewat website aplikasi visa Taiwan.

"Kantor Pelayanan Pariwisata ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan wisatawan Indonesia dan memberikan lebih banyak informasi langsung tentang pariwisata Taiwan,” jelasnya.

Lebih lanjut Chou mengatakan, bagi travel agent Indonesia, pendirian Kantor Layanan Jakarta akan meningkatkan efisiensi komunikasi dan memperkuat pertukaran dan pengembangan industri pariwisata antara kedua tempat.

Baca juga : Jelang Mudik Lebaran, Kakorlantas Pastikan Tol Jakarta -Semarang Aman

Strategi lain, kata dia, pihakny juga akan memperkuat pengembangan pariwisata kelas menengah ke atas dan pasar perjalanan MICE (meetings, incentives, conferences and exhibitions).

“Ini akan membawa hubungan pertukaran antara industri pariwisata Taiwan dan Indonesia ke tonggak sejarah baru," tandasnya.

Direktur Dinas Pariwisata Taiwan di Jakarta, Zhou Shibi menyampaikan bahwa Biro Pariwisata sudah mulai secara aktif menata pasar Indonesia sejak masa karantina.

Pada 2023, telah membentuk tim konseling proyek lokal dan secara aktif meminta travel agent dan maskapai penerbangan besar untuk memahami kebutuhan pasar dan preferensi masyarakat Indonesia.

"Kami akan membangun basis data audio-visual mengenai pariwisata Taiwan. Untuk mengoptimalkan publisitas menyebarluaskan informasi pariwisata tematik, memenuhi permintaan mengenai pariwisata Taiwan dari industri perjalanan lokal serta media penerbangan di Indonesia secara tepat waktu," papar Zhou.

Baca juga : Bela Palestina, Hikmahanto Puji Pernyataan Menlu Retno Di Mahkamah Internasional

Setelah pendirian kantor layanan ini, pemasaran online dan kegiatan promosi offline akan dikerahkan untuk membantu operator Indonesia dalam memperluas kinerja pengiriman pelanggan.

Di masa depan, kantor layanan akan memanfaatkan lokasinya di pusat perbelanjaan terkenal untuk menyelenggarakan kegiatan promosi rutin dengan berbagai tema pariwisata Taiwan.

Untuk menargetkan segmen konsumen kelas menengah ke atas, dan secara aktif mengembangkan pasar Skema Kunjungan Individu (IVS) dalam rangka membantu mencapai target 12 juta pengunjung dari seluruh dunia ke Taiwan pada 2024.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.