Dark/Light Mode

Gelar Public Expose, BMH Iringi Kegiatan Bahagia Dengan Berbagi

Selasa, 5 Maret 2024 20:59 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Baitul Mall Hidayatullah (BMH) menggelar Public Expose 2024. Kegiatan yang mengusung tema "Bahagia dengan Berbagi" digelar dalam rangka menyemarakkan bulan Ramadan 1445 Hijriyah.

Dalam momentum istimewa ini, Public Expose BMH mempersembahkan titik puncak kebaikan dalam siklus satu tahun Ramadan.

Bersama umat Islam di Indonesia, BMH telah berkiprah dalam misi kebaikan yang luas, bermakna dan berkelanjutan.

Direktur Utama Laznas BMH Supendi, mengatakan, sejumlah program kebaikan telah berhasil dijalankan dengan sukses.

Mulai dari pemberian beasiswa untuk anak yatim dhuafa, pengiriman dai sarjana, penguatan kiprah dai tangguh (melalui hibah motor dai, pembangunan rumah dai tangguh perbatasan) hingga pemberdayaan ekonomi keluarga pra-sejahtera.

Baca juga : ICDX Gelar Kelas Jurnalis Untuk Edukasi Masyarakat Soal Perdagangan Berjangka Komoditi

“BMH juga turut serta dalam berbagai program kemanusiaan, seperti penanggulangan bencana banjir di Demak dan Grobogan, serta memberikan bantuan ke Palestina,” ujar Supendi dalam sambutannya di Gedung Pusat Dakwah Hidayatullah Jalan Cipinang Cempedak I Polonia, Jakarta Timur, Selasa (5/3/2024).

Supendi menjelaskan, public exspose yang berlangsung secara offline dan online ini secara serentak diikuti di 35 provinsi.

Ajang ini merupakan media pertanggungjawaban untuk melaporkan kepada umat atas dana yang diserahkan kepada BMH untuk dikelola.

“Kami berharap kabar kebaikan ini bisa disampaikan ke pelosok negeri sehingga semakin banyak masyarakat yang mengetahui kiprah BMH dan suatu saat akan semakin banyak masyarakat yang berminat untuk sama-sama turut menjadi kebaikan,” katanya.

Kolaborasi dan sinergitas yang telah terjalin selama ini bersama masyarakat, sponsor dan mitra, lanjut Supendi, semakin kuat di tahun 2024 sehingga keberadaan BMH semakin dirasakan masyarakat.

Baca juga : Jelang Ramadan, DPR Minta Kemendag Jinakkan Harga Beras

Pada Ramadhan 1445 H, BMH akan terus menguatkan komitmennya untuk berbagi kebaikan dan bersama-sama mengatasi berbagai tantangan dan problematika umat dan bangsa melalui zakat, infak, dan sedekah.

Sementara itu, Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Rizaluddin Kurniawan menyampaikan apresiasinya kepada ajang ini.

Pada kegiatan Public Expose ini, menurutnya, ada dua hal yang hendak disampaikan.

Yakni, mengenai bagaimana pelaksanaan program tahun 2023 dan perencanaan di 2024.

Pada kesempatan yang sama, Menko PMK Muhadjir Effendi dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Deputi PAUD, Dasar dan Menengah Jazziray Hartoyo mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari keterbukaan lembaga filantropi agar semakin dipercaya oleh masyarakat.

Baca juga : SmartCo Clinic Hadirkan Inovasi dalam Bidang Kesehatan Regeneratif

BMH menjadi salah satu lembaga yang mendapat perhatian khusus terkait transparasi pengelolaan zakat, infaq dan shodaqoh.

Diingatkanya, lembaga-lembaga filantropi ini perlu memiliki komitmen untuk menjadi lembaga yang amanah pertama mengelola dana umat dengan transparan dan akuntabel.

"Banyaknya lembaga filantropi di Indonesia membuktikan bahwa masyarakat tidak hanya melihat zakat, infaq dan shodaqoh sebagai bagian dari ibadah saja, tapi juga berperan dalam pembangunan ekonomi Islam dan pemberdayaan umat,” ujarnya.

Program-program BMH telah memperoleh penghargaan yang tinggi sejak tahun 2012 saya kasih tahu sejak tahun 2012 yaitu mendukung pengelolaan 287 pesantren, menyokong lebih dari 5.000 dai tangguh di seluruh pondok Nusantara.

“Juga mengentaskan ribuan keluarga dhuafa menjadi keluarga mandiri dan ribuan anak sekolah telah mendapatkan pendidikan yang layak,” tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.