Dark/Light Mode

Menhub Setujui Usul Pj Gubernur Sumsel, Buka Rute Penerbangan Palembang-Bali

Rabu, 6 Maret 2024 20:47 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi menerima audiensi Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni, di Kantor Kemenhub, Jakarta, Selasa (5/3). (Foto: Istimewa)
Menhub Budi Karya Sumadi menerima audiensi Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni, di Kantor Kemenhub, Jakarta, Selasa (5/3). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyetujui usulan Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni untuk membuka rute penerbangan baru, yaitu Palembang-Bali. Hal ini diungkapkan dalam audiensi pembahasan reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan, di Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jakarta, Selasa (5/3/2024).

“Jadi yang kita pastikan buka rute penerbangan (Palembang ke) Bali dan Batam ya,” ucap Menhub, seperti keterangan yang diterima redaksi, Rabu (6/3).

Saat ini, sudah terdapat rute penerbangan yang melayani langsung rute Palembang-Batam, namun masih belum terlalu banyak. Oleh karena itu, Menhub memastikan akan ada penambahan rute penerbangan baru untuk destinasi tersebut.

Baca juga : Pj Gubernur Mau Jadikan Papua Pegunungan Provinsi Festival

Sebelumnya, Agus Fatoni mengusulkan pembukaan rute penerbangan baru, yaitu Palembang-Bali, Palembang-Batam, Palembang-Singapura, dan Palembang-Malaysia. Hal ini dikarenakan permintaan yang cukup tinggi, terutama saat perayaan Hari Raya Imlek.

“Kami ingin mengajukan penambahan rute penerbangan, pertama ke Bali, Batam, Singapura, dan Malaysia. Kami dengan manajer bandara itu kemarin cukup tinggi permintaan ke sana cukup banyak,” ucap Fatoni.

“Agak nyambung apalagi dengan kalau ada Imlek, karena banyak orang Chinese. Ini yang kami pertimbangkan untuk rute penerbangan baru, Pak,” sambungya.

Baca juga : Pj Gubernur Fatoni Dampingi Jokowi Buka Muktamar IMM XX di Palembang

Menurutnya, Hari Raya Imlek menjadi momentum untuk menambah pendapat daerah. Ini dikarenakan, melalui penerbangan langsung rute tersebut Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II akan ramai oleh wisatawan.

“Sebenarnya kita ini kalau Imlek saja sudah lumayan (pendapatannya) karena ada hubungan emosional dengan hubungan emosional Palembang dengan Imlek,” kata Fatoni.

Selain itu, Fatoni juga mengharapkan aktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan secepatnya. Menurutnya, kehadiran Bandara Gatot Subroto Way Kanan sangatlah penting. Sebab, kebutuhan masyarakat yang besar dan berpotensi meningkatkan pertumbuhan ekonomi warga sekitar.

Baca juga : Pj Gubernur Agus Fatoni Buka Bimtek Akuntansi dan Pelaporan SIPD

“Kami sampaikan kebutuhannya juga potensinya sangat besar dan bandara juga sudah siap. Oleh karena itu, kita sampaikan semua, kita hadirkan seluruh bupati yang ada di situ, ada Kabupaten Way Kanan, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, OKU, OKU Selatan dan Lampung Barat dan Pemda siap mendukung ini,” jelas Fatoni.

Menurut Fatoni, akan ada enam kabupaten/kota sekaligus yang menerima manfaat aktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan. Salah satu faktornya adalah lokasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan berada di perbatasan antara Sumatera Selatan dan Lampung.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.