Dark/Light Mode

Pj Gubernur Sumsel Gandeng APDESI Sukseskan Program Prioritas

Selasa, 13 Februari 2024 22:28 WIB
Pj Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni (tengah). (Foto: Istimewa)
Pj Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni (tengah). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengajak Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (DPD APDESI) Sumsel untuk bersinergi dengan memberikan kontribusi dan dukungan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) dalam meningkatkan perekonomian desa dan kualitas aparatur desa. Hal ini disampaikannya saat menerima audiensi DPD APDESI Sumsel, di Kantor Gubernur Sumsel, Palembang, Sumatera Selatan, Senin (12/2).

Fatoni mengatakan, sebagai organisasi yang mewadahi kepala desa di kabupaten yang ada di Sumsel, APDESI dapat memaksimalkan ruang konsolidasi untuk menyusun dan melaksanakan program pembangunan guna percepatan kemajuan dan kesejahteraan desa serta masyarakatnya.

“Paling penting kepala desa harus jadi pemersatu di desa, dijaga iklim kondusif sehingga aktifitas penbangunan bisa berjalan dengan baik. Kepala desa tidak boleh autopilot, harus betul-betul memahami ilmu leadership, kuasai betul tugasnya dan banyak belajar, jadi kepala desa bisa sukses, kalau wawasannya harus luas,” kata Fatoni.

Baca juga : Pj Gubernur Sumsel Hadiri Rakor Kominda, KPU & Bawaslu Bahas Kesiapan Pemilu

Fatoni mengimbau kepala desa dan perangkat desa harus memahami pengelolaaan keuangan secara akuntabilitas dan administratif. Menurutnya, peran kepala desa sangat stragetis, terlebih dalam mendukung kebijakan pemerintah.

“Bangun terus komunikasi untuk seluruh kepala desa, perangkat desa dan masyarakat desa, terlebih dalam rangka menjaga iklim kondusif di Sumsel. Kita di Sumsel ini, Forkopimdanya kompak, Bupati/Wali Kota kompak, kepala desa juga harus kompak, Sumsel ini selain maju dengan pembangunan dan prestasinya juga mendorong masyarakat untuk sejahtera,” ucap Fatoni.

Menurutnya, kepala desa juga harus turut serta mendukung penuh program prioritas yang saat ini menjadi atensi. Di antaranya inflasi, penurunan angka stunting, pengentasan kemiskinan, kemiskinan ekstrem serta menyukseskan pemilu dengan aman dan kondusif.

Baca juga : Tangkal Terorisme, BNPT Gandeng KPTIK Luncurkan Warung NKRI Digital

“Banyak hal yang bisa kita lakukan, misalnya gerakan menanam, jadi masyarakat diminta menanam di pekarangan rumah, di kebun, kalau itu terjadi kebutuhan rumah tangga kita akan tercukupi," ucapnya.

"Kemudian disosialsiakan untuk masyarakat tidak boros pangan. Kepala desa juga saya minta untuk masyarakat yang diketahui stunting agar segera diangkat menjadi anak asuh, tolong dipastikan bantuan makanan juga dimakaan oleh bayinya, makanan yang bergizi,” sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPD APDESI Sumsel Sohidin menyampaikan terima kasih kepada Pj Gubernur Sumsel yang telah mengundang DPD APDESI untuk beraudiensi. Sohidin menyebut, DPD APDESI siap untuk berkolaborasi dengan Pemprov Sumsel, terlebih dalam menyukseskan program prioritas di Sumsel.

Baca juga : BNPT Gandeng KPTIK Hadirkan Warung NKRI Digital

“Kami ingin kolaborasi tetap terjalin Pak Gubernur, kami seluruh kepala desa se-Provinsi Sumsel akan mendukung penuh program penurunan stunting, penunuruan angka kemiskinan dan yang terpenting kami akan menjaga keadaan aman dan kondusif terutama menjelang pemilu nanti,” kata Sohidin.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.