Dark/Light Mode

Sambut Ramadhan, tvOne Hadir Dengan Sejumlah Program Religi

Jumat, 8 Maret 2024 21:46 WIB
Sambut Ramadhan, tvOne Hadir Dengan Sejumlah Program Religi

RM.id  Rakyat Merdeka - Stasiun televisi swasta, tvOne, akan menyiarkan sejumlah program religi dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah. Mulai dari Sidang Isbat Penetapan 1 Ramadhan 1445 H yang tayang pada Minggu (10/3/2024) pukul 14.30-18.00 WIB.

"TvOne tentunya tidak akan melewatkan sebuah informasi penting untuk dikabarkan kepada masyarakat yang akan menunaikan ibadah puasa Ramadhan," kata penanggung jawab program tvOne, Reva Deddy Utama, dalam keterangannya, Jumat (8/3/2024). 

Reva menambahkan, pihaknya akan melaporkan langsung kepada masyarakat mengenai laporan pengamatan hilal dari berbagai titik. "Juga akan ada live report sidang isbat penentuan dimulainya 1 Ramadhan 1445 H dari Departemen Agama Republik Indonesia," tambah Reva. 

Selanjutnya program Berkah Sahur Ramadhan yang hadir setiap hari mulai pukul 03.00-03.30 WIB, guna menemani waktu sahur. 

"Kami menyajikan berita dan informasi ringan seputar serba-serbi Ramadhan, tempat favorit berbuka dan makan sahur, tradisi unik selama bulan puasa, masjid bersejarah," ungkapnya. 

Baca juga : Jelang Ramadan, Mandiri Utama Finance Gelar MUF Auto Fest 2024

"Selain itu di Berkah Sahur Ramadhan juga akan ada live report seputar aktivitas umat muslim di bulan Ramadhan dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri seperti Mekkah, Madinah, Turki, Amerika juga Eropa," tambah dia. 

Kemudian program Warung Ramadan yang tayang setiap hari pukul 03.30-04.30 WIB. "Ini program tausiah mengenai keimanan bersama ustaz dan ustazah pilihan. Disajikan hangat dalam kemasan ringan, disampaikan dengan santai, dibumbui tawa canda. Mengambil setting sebuah warung, tempat warga bertemu muka," papar Reva. 

Menurut Reva, Berkah Sahur Ramadhan dan Warung Ramadhan merupakan program bergenre informasi dan tausiah ringan yang dikemas dalam bentuk entertain. Dikarenakan bakal mengundang ustaz-ustaz yang cukup terkenal sehingga bisa menjadi pilihan dari penonton untuk bersahur.

“Program-program ini sengaja kami produksi untuk menyambut Ramadhan dan sudah berlangsung sepanjang tvOne ada," beber Reva. 

Berikutnya ada program Damai Indonesiaku Ramadhan setiap Senin-Jumat pukul 13.00-14.30 WIB. Untuk Sabtu dan Minggu, program Damai Indonesiaku Ramadhan hadir lebih cepat di pukul 12.30-14.00 WIB. 

Baca juga : Sambut Ramadan, JIEP Siapkan 3.000 Paket Sembako Murah

"Damai Indonesiaku Ramadhan akan menyajikan tausiah nan menyejukkan dan memperkaya khazanah pengetahuan Islam dari para ulama ternama di masjid-masjid terpilih sepanjang bulan Ramadhan. Setiap harinya hadir dengan tema yang berbeda mulai dari halal atau haram, syariah sampai tema keluarga," urai dia. 

Lebih lanjut, tvOne juga menghadirkan program baru seperti Dai Muda Pilihanku. Program ini merupakan ajang pencarian bibit penceramah masa depan Indonesia. Mewadahi para santri dan pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk berdakwah di depan pemirsa yang lebih luas. 

Ajang ini, dijelaskan Reva akan diikuti oleh 15 finalis yang akan dipilih dalam satu grand finalis setiap episode. Tayang setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 14.00-14.30 WIB. Final Dai Muda Pilihanku akan berlangsung pada Minggu (31/3/2024) pukul 13.30-14.30 WIB.

Program berikutnya Jelang Berbuka yang tayang setiap hari di tujuh menit menjelang waktu berbuka puasa. "Program ini bakal menyejukkan jiwa dengan tausiah yang mendalam dari ulama terpilih dan segarkan hati dengan lagu religi yang menyentuh," nilai Reva. 

Program terakhir Kabar Mudik, merupakan sebuah liputan yang laporannya dikemas secara langsung di sejumlah program tvOne. Kabar Mudik menginformasikan seputar arus mudik dan arus balik lalu lintas para pemudik di berbagai daerah, baik jalur darat maupun laut. 

Baca juga : Sambut Ramadhan, Hotel Harper MT Haryono Hadirkan Nusantara Delight

"Program Kabar Mudik hadir mulai H-7 Idul Fitri untuk arus mudik dan arus balik akan tayang pada tanggal H+7 Idul Fitri. Selain informasi perihal kepadatan arus lalu lintas pemudik, Kabar Mudik juga mengabarkan liputan destinasi wisata dan kuliner khas di sejumlah kota," tutur dia. 

Dia berharap masyarakat dapat menyaksikan program religi spesial Ramadhan hanya di tvOne saluran 34 UHF Jakarta, 35 UHF Palembang, 32 UHF Surabaya, 42 Denpasar & Banjarmasin, 38 UHF Bandung, 39 UHF Semarang, 35 UHF Yogyakarta dan Solo maupun live streaming di portal media online tvOne. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.