Dark/Light Mode

Menhub Terima Usulan Pj Gubernur Sumsel

Segera Dibuka Rute Penerbangan Baru Palembang-Batam dan Palembang-Bali

Sabtu, 9 Maret 2024 21:55 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi (berkemeja biru) menerima audiensi Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni. (Foto: Istimewa)
Menhub Budi Karya Sumadi (berkemeja biru) menerima audiensi Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyetujui usulan Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni untuk membuka rute penerbangan baru, yaitu Palembang-Bali dan Palembang-Batam. Hal ini diungkapkan dalam audiensi pembahasan reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan, di Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Jakarta, Selasa (5/3).

“Jadi, yang kita pastikan buka rute penerbangan itu (dari Palembang ke) Bali dan Batam ya,” ucap Menhub, seperti keterangan Pemprov Sumsel, Sabtu (9/3).

Baca juga : Menhub Setujui Usul Pj Gubernur Sumsel, Buka Rute Penerbangan Palembang-Bali

Saat ini, sudah terdapat rute penerbangan yang melayani langsung rute Palembang-Batam, namun masih belum terlalu banyak. Oleh karena itu, Menhub memastikan akan ada penambahan rute penerbangan baru untuk destinasi tersebut.

Dalam audiensi tersebut, Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni mengusulkan pembukaan rute penerbangan baru, yaitu Palembang-Bali, Palembang-Batam, Palembang-Singapura, dan Palembang-Batam. Usulan disampaikan karena permintaan yang cukup tinggi, terutama saat perayaan Hari Raya Imlek.

Baca juga : Jelang Ramadan, Pj Gubernur Jateng Minta Kepala Daerah Pastikan Stok Pangan Aman

“Kami ingin mengajukan penambahan rute penerbangan ke Bali, Batam, Singapura dan Malaysia. Data kami dengan manajer bandara, cukup tinggi permintaan ke sana cukup banyak. Apalagi kalau ada Imlek, karena banyak orang Chinese. Ini yang kami pertimbangkan untuk rute penerbangan baru,” ucapnya.

Menurutnya, Hari Raya Imlek menjadi momentum untuk menambah pendapat daerah. Melalui penerbangan langsung rute tersebut, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II akan ramai oleh wisatawan.

Baca juga : Pertamina Patra Niaga Regional JBB Gaungkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja

“Kalau Imlek saja sudah lumayan (pendapatannya), karena ada hubungan emosional dengan hubungan emosional Palembang dengan Imlek,” terang Fatoni.

Selain itu, melalui kesempatan itu, Fatoni juga mengharapkan aktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan secepatnya. Menurutnya, kehadiran Bandara Gatot Subroto Way Kanan sangat penting dan berpotensi meningkatkan pertumbuhan ekonomi warga sekitar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.