Dark/Light Mode

Kondisi Global Masih Nggak Karuan

Pengusaha Ragu Ekonomi RI Bisa Tembus 5 Persen

Jumat, 15 Maret 2024 07:00 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

 Sebelumnya 
“Pasokan kurang permintaan tetap saja, itu membuat harga naik. Apalagi pasokan kurang, demand meningkat plus ada fak­tor musiman Pemilu, Ramadan dan Lebaran,” jelasnya.

Karena itu, tergerusnya daya beli konsumen turut membuat sektor konsumsi rumah tangga melambat. Oleh sebab itu, dia menegaskan INDEF mensinyalir Indonesia dalam waktu dekat akan mengalami pelambatan pertumbuhan ekonomi.

Sebelumnya, Sekretaris Ke­menterian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moe­giarso mengatakan, saat ini Indonesia masih dihadapkan berbagai risiko ketidakpastian global.

Ekonomi global tahun 2024- 2025 diproyeksikan masih di bawah tren jangka panjang.

Baca juga : DKI Siapkan 18 Ribu Kursi Mudik Gratis

Demikian halnya untuk Infla­si, meski menurun, inflasi global masih di level yang tinggi. Ken­dati demikian, sejumlah capaian perekonomian Indonesia tahun 2023 telah menunjukkan kinerja ekonomi yang solid.

Hal tersebut juga didukung oleh indikator utama mak­roekonomi yang secara kon­sisten terus menunjukkan pen­ingkatan.

Capaian tersebut mampu membangun optimisme Indo­nesia untuk perekonomian yang lebih baik tahun 2024.

Pada 2023, Indonesia mampu tumbuh sebesar 5,05 persen (year on year/yoy), lebih tinggi dari angka consensus forecast sebesar 5,03 persen. Permintaan domestik, industri pengolahan, dan perdagangan menjadi sum­ber utama pertumbuhan.

Baca juga : Liga Champions, ATM Usir Si Ular Besar

Susiwijono menyatakan, op­timisme Pemerintah terhadap proyeksi 2024 yang solid dan 2025 yang lebih baik. Pemer­intah optimis di 2024 Indonesia akan tumbuh lebih tinggi yakni di angka 5,2 persen, kemudian pada 2025 diproyeksikan men­capai kisaran 5,3-5,6 persen.

Sedangkan, untuk tingkat in­flasi Pemerintah optimis inflasi Indonesia hingga akhir 2024 akan terus terkendali. Rata-rata tahunannya akan berada di bawah 2,80 persen. Lalu untuk 2025, Indonesia yakin masih mampu di angka 2,5±1 persen.

Kedua indikator tersebut, per­tumbuhan ekonomi dan inflasi, mengindikasikan bahwa Pemerintah sangatlah optimis terhadap ekonomi Indonesia tahun 2024 dan 2025 akan lebih baik.

Beberapa strategi besar ke­bijakan Pemerintah juga telah disiapkan guna memastikan ketahanan ekonomi nasional ke depan. DIR

Baca juga : Medvedev Gasak Dimitrov

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 10, edisi Jumat, 15 Maret 2024 dengan judul "Kondisi Global Masih Nggak Karuan Pengusaha Ragu Ekonomi RI Bisa Tembus 5 Persen"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.