Dark/Light Mode

Pertama Di Dunia

RS Mandaya Royal Puri Hadirkan Teknologi Mesin Infus Pintar Terumo

Kamis, 21 Maret 2024 17:51 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Mandaya Royal Hospital Puri (MRHP) kembali menambah deretan teknologi peralatan kesehatan yang dapat berkontribusi terhadap percepatan proses kesembuhan pasien.

President Director Mandaya Hospital Group (MHG), dr. Benedictus Widaja pada Kamis (21/3/2024) memperkenalkan teknologi mesin infus pintar merek Terumo yang digunakan untuk pertama kalinya di dunia.

Sebagai rumah sakit swasta terbaik di Indonesia versi Healthcare Asia Awards 2023 dan rumah sakit kanker terlengkap versi CNBC Awards 2023, Mandaya Royal Hospital sudah memiliki deretan inovasi dan teknologi canggih.

Beberapa di antaranya merupakan satu-satunya dan pertama di Indonesia.

Seperti, alat radioterapi kanker Elekta versi tertinggi, teknologi vakum tumor untuk benjolan di payudara, dan tumor mapping untuk operasi kanker.

Kemudian, pemeriksaan septin-9 untuk deteksi kanker usus besar via sampel darah, robot prostat, teknologi nuklir medis untuk kanker tiroid, dan yang terbaru adalah pemutakhiran mesin infus pintar Terumo.

Baca juga : Pertamina Patra Niaga Siap Salurkan BBM Subsidi Sesuai Kuota Pemerintah

“Smart Pump Monitoring System ini dapat mendeteksi jumlah cairan infus yang dialirkan kepada pasien, saat jumlahnya sudah akan habis, terdapat notifikasi yang berbunyi di komputer yang berada di nurse station,” ujar dr. Ben Widaja.

Keunikannya, bunyi notifikasi ini berada di meja kerja perawat bukan di kamar pasien.

Sehingga, pasien bisa istirahat dengan nyaman tanpa terganggu dan perawat akan datang tanpa dipanggil oleh pasien untuk mengganti cairan infus yang baru.

"Hal ini tentunya akan membuat kualitas istirahat pasien akan meningkat, sehingga berdampak pula terhadap proses pemulihan yang lebih cepat,” ungkapnya.

Dijelaskannya, infus ini juga akan berbunyi saat ada gangguan aliran infus. Misalnya saat saluran infus terhambat, terlipat atau terlepas.

Perawat akan mendapatkan notifikasi dan akan segera datang untuk memperbaiki aliran infus tersebut.

Baca juga : Modal 2 Jutaan, Explore Labuan Bajo Berkali-kali Selama Setahun

“Bahkan saat pasien dalam keadaan tidur lelap sekalipun. Hal ini juga memastikan pasien yang dirawat di Mandaya sangatlah aman dan tidak perlu mengkhawatirkan infusnya,” terang dr. Ben Widaja.

Penerapan teknologi smart pump monitoring system ini juga mengurangi beban kerja dari para perawat.

Perawat tidak perlu lagi mencatat secara manual jumlah infus masing-masing pasien sehingga sangat minim kesalahan pemberian maupun tertukar.

Juga, tidak perlu lagi mengecek secara manual ke masing-masing kamar pasien.

President Director PT Terumo Indonesia, Ade Kresna Kemaltaba menyampaikan, Terumo memiliki visi yang sama dengan Mandaya dalam upaya peningkatan kualitas kesehatan bagi pasien dan keluarganya.

Dia menjelaskan, Mandaya Royal Hospital Puri telah menggunakan banyak produk Terumo, seperti syringe, infuse pump, produk sekali pakai, mesin pengganti jantung dan paru untuk operasi bypass jantung.

Baca juga : Gelar Aksi Damai Di DPR RI, Massa Tolak Hak Angket dan Pemakzulan Presiden

“Khusus untuk produk teknologi tinggi, Mandaya telah menggunakan pump monitoring system yang bisa terhubung dengan HP Android dan jaringan WIFI, juga terintegrasi dengan Terumo smart Infusion Pump yang ada di Ruang Rawat Inap,” tuturnya.

Dia menambahkan, Mandaya Royal Hospital Puri merupakan pelanggan pertama yang menggunakan sistem ini di Dunia.

“Terumo Indonesia juga sangat concern dalam meningkatkan kemampuan para Perawat dengan memberikan pelatihan secara berkesinambungan,” tandas Ade.

Kumpulan inovasi ini merupakan langkah nyata dari Mandaya Royal Hospital Puri untuk menekan angka pasien Indonesia yang berobat ke luar negeri.

Bukan hanya teknologi medis yang canggih, bahkan Mandaya juga menyiapkan ekosistem untuk pasien yang berasal dari luar Jakarta.

Seperti, penjemputan gratis bagi pasien dari bandara maupun stasiun, menyiapkan penginapan hotel yang terhubung dengan rumah sakit untuk keluarga pasien, hingga bekerja sama dengan JOUMPA VIP Airport Services di 40 Bandara di Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.