Dark/Light Mode

BSI Permudah Akses Permodalan Bagi Mitra Pertamina Lubricants

Jumat, 22 Maret 2024 13:07 WIB
BSI menggandeng  Pertamina Lubricants dengan mengembangkan sinergi dengan para pelaku industri dengan berbagai sektor. (Foto: Bank Syariah Indonesia)
BSI menggandeng Pertamina Lubricants dengan mengembangkan sinergi dengan para pelaku industri dengan berbagai sektor. (Foto: Bank Syariah Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menggandeng PT Pertamina Lubricants anak usaha PT Pertamina Patra Niaga yang bergerak di bidang produksi dan penjualan Pelumas, dengan mengembangkan sinergi dengan para pelaku industri di berbagai sektor untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah di dalam negeri.

Sinergi keduanya juga dilakukan sebagai bagian dari pengembangan usaha sekaligus mempermudah 130 distributor pelumas Pertamina di seluruh Indonesia, untuk mendapatkan fasilitas modal kerja sesuai dengan syariah yang dilengkapi dengan fitur pembiayaan yang lengkap dan syarat mudah.

Direktur Retail BSI Ngatari menjelaskan, kerja sama ini akan semakin mendorong peran BSI untuk masuk ke dalam ekosistem bisnis strategis salah satunya industri perminyakan.

Baca juga : TBIG Pasok Kebutuhan Pokok Bagi Warga Demak Terdampak Musibah Banjir

“Kami optimis bahwa sistem pembiayaan di bank syariah ini mampu menunjang akselerasi pertumbuhan bisnis mulai dari core bussiness hingga surrounding business ecosystem,” katanya, Jumat (22/3/2024).

Sebelumnya, BSI dan Pertamina grup telah menjalin kerja sama berupa pembiayaan korporasi, pembiayaan kepada mitra rekanan Pertamina. Di antaranya, agen LPG, pengusaha Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU)/Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji (SPBE) hingga penyedia jasa kontruksi dan akses layanan keuangan secara host to host  bagi mitra SPBU di wilayah Sumatera.

Ngatari menambahkan, kinerja pembiayaan di BSI tumbuh positif dan solid sehingga menjadi peluang kerja sama yang baik bagi pertumbuhan bidang-bidang usaha strategis, terutama dari sisi kesiapan BSI untuk memberikan kemudahan akses permodalan.

Baca juga : Pelatih Persis: Ramadhan Bikin Pemain Lebih Sehat

“Kerja sama dengan Pertamina Lubricants ini, di tahap awal kami siapkan layanan hulu hingga hilir baik dari sisi cash management, segmen SME, korporasi maupun transaction banking,” jelasnya.

Hingga Desember 2023, BSI telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 240.32 triliun tumbuh 15,70 persen  year on year (yoy) untuk pembiayaan  wholesale  mengambil porsi 28,09 persen dari keseluruhan pembiayaan.

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina Lubricants Werry Prayogi menegaskan, kolaborasi ini menjadi salah satu langkah penting dalam mendukung keberlanjutan bisnis perusahaan.

Baca juga : BSI Targetkan Transaksi Penjualan Investasi Sukuk dan Kepemilikan Emas Tembus Rp 2 Triliun

“Semoga solusi perbankan bersama BSI dapat mempermudah distributor Pertamina Lubricants dalam mengembangkan dan meningkatkan bisnisnya dengan lebih inovatif dan kompetitif,” harapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.