Dark/Light Mode

BRI Liga 1

PSS Sleman Vs Persita, Misi Elang Menjauh Zona Degradasi

Selasa, 27 Februari 2024 10:47 WIB
Para pemain PSS Sleman di pentas BRI Liga 1. (Foto : Ist)
Para pemain PSS Sleman di pentas BRI Liga 1. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sore ini, Selasa (27/2) kick off pukul 15.00 WIB, PSS Sleman akan menjamu Persita Tangerang pada laga pekan ke-26 BRI Liga 1 2023/24 di Stadion Manahan, Solo.

Tampil di home base barunya, skuad Super Elang Jawa dalam motivasi yang tinggi meraih kemenangan agar bisa menjauh dari zona degradasi. 

Pada klasemen sementara saat ini, PSS masih belum dalam zona yang aman. PSS ada di peringkat ke-14 dengan 30 poin. Ini hanya berjarak tiga poin saja dari Arema FC yang ada di peringkat ke-15 atau mengoleksi 27 poin.

Poin 27 juga dimiliki oleh Persita yang ada di peringkat ke-16 atau batas akhir zona merah. Jika tidak mampu memetik kemenangan pada laga nanti, tentunya posisi PSS akan terancam melorot dan makin dekat dengan zona merah.

Menatap laga nanti, PSS dalam motivasi yang tinggi karena akan berlaga dengan dukungan supporter setianya. Memang, dalam beberapa laga home sebelumnya, PSS harus tampil tanpa dukungan Sleman Fans langsung di dalam stadion.

Baca juga : Thomas Doll Ungkap Faktor Kekalahan Persija Lawan Arema FC

Dan kini, Stadion Manahan akan menjadi saksi kembalinya dukungan suporter PSS yang akan memberikan suntikan tenaga tersendiri. 

“Kita sudah bersiap lawan Persita. Tentu laga nanti adalah laga yang sulit, mungkin sampai akhir musim. Ini karena jarak antara papan bawah dan papan atas berdekatan. Ada dua tim yang saat ini secara poin berdekatan dengan zona merah. Namun kami bermain di laga home di Stadion Manahan adalah untuk kemenangan,” kata pelatih PSS, Risto Vidakovic.

Mengenai kekuatan Persita, dia mengakui jika Persita adalah tim bagus yang dihuni sejumlah pemain yang bagus pula. 

“Kita harus konsentrasi dan wajib miliki keyakinan penuh apalagi main di kandang. Juga tentunya kehadiran kembali suporter akan lebih meningkatkan motivasi tim. Kami akan berjuang mencetak gol guna mendapatkan 3 poin,” Risto Vidakovic menegaskan.

Mengenai kehadiran suporter yang akan memadati Stadion Manahan, dia kembali memastikan ini bakal menghadirkan atmosfer tersendiri.   

Baca juga : Bhayangkara FC Vs Borneo, Deul Langit Lawan Bumi

“Kita tentu bermain untuk suporter yang ada di stadion. Ini akan menghadirkan atmosfer yang bagus dan jadi pelecut motivasi pemain. Saya berharap dan yakin pemain akan tampil 100 persen untuk memenangkan laga,” pungkasnya.

Sementara Divaldo Alves menyebut penyelesaian akhir menjadi fokusnya menghadapi PSS Sleman. "Soal finishing harus diperbaiki saat momen attacking, bagaimana kita sikapnya bisa dekat dengan gawang lawan dan lebih tenang," ujar Divaldo Alves.

"Saat lawan Persebaya kita memang istimewa di zona tengah dan teamwork bagus, namun kami kurang sedikit soal menyerang. Tapi besok melawan PSS harapan saya pemain mau perbaiki situasi itu," harapnya.

Pelatih asal Portugal itu menambahkan bahwa timnya dalam motivasi tinggi untuk membawa pulang poin dari Solo. Hasil seri kontra Persebaya pekan lalu sudah dilupakan dan ia berharap para pemain terus memperlihatkan daya juangnya di sisa laga pada musim ini.

"Sebetulnya semua tim waktunya padat sekali karena ada pertandingan setiap empat hari sekali, tidak ada banyak waktu tapi sebenarnya mental kami bagus. Terus mereka kerja keras dalam latihan dan kalau saya lihat motivasi tinggi untuk mencari hasil positif," katanya.

Baca juga : Hasil Liga Italia: AC Milan Tertahan, Inter Milan Susah Dikejar

Menurut Divaldo Alves, rotasi juga penting dilakukan di tengah padatnya jadwal kompetisi. Langkah tersebut diambil untuk mengantisipasi pemain mendapatkan cedera.

"Di kompetisi yang padat harus ada rotasi dan setelah pertandingan harus ada recovery dan berlatih taktik strategi agar lebih fokus di pertandingan. Di luar semua itu yang terpenting ada mental, determinasi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik," ucap Divaldo.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.