Dark/Light Mode

Masuk Proyek Strategis Nasional

PIK 2 Membuka Peluang Usaha Dan Lapangan Kerja

Senin, 25 Maret 2024 07:00 WIB
Ilustrasi. Foto: Dok. PIK
Ilustrasi. Foto: Dok. PIK

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah berencana menambah 14 Proyek Strategis Nasional (PSN) baru tahun ini. Salah satunya pengembangan kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 di Provinsi Banten.

Pengembangan Green Area dan Eco-City di lokasi PIK 2 dengan nilai investasi sekitar Rp 65 triliun itu dipatok dapat menyerap sekitar 6.235 tenaga kerja langsung dan 13.550 tenaga kerja tidak langsung.

“Kawasan PIK 2 nantinya akan terhubung dengan Jalan Tol Kamal-Teluknaga-Rajeg yang telah mulai digarap pada tahun 2023 lalu,” ujar Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartar­to dalam keterangan resminya, Minggu (24/3/2024).

Baca juga : Urus Banjir Masih Memble

Proyek Pengembangan Green Area dan Eco-City ini didukung langsung Kementerian Pari­wisata dan Ekonomi Kreatif. Karena lokasi yang diusulkan sangat strategis, yakni berdeka­tan dengan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Kepulauan Seribu dan Kota Tua-Sunda Kelapa.

“Pengembangan proyek ini diyakini dapat membuka peluang usaha dan investasi, serta menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat di Provinsi Banten dan sekitarnya,” ujar Airlangga.

Pengembangan wilayah ber­basis hijau dengan luas lebih kurang 1.756 hektare (Ha) ini dinamakan “Tropical Coast­land” serta ditujukan sebagai destinasi pariwisata baru guna meningkatkan attractiveness bagi wisatawan.

Baca juga : Diserang Virus, Tim Garuda Tetap Pede

Destinasi pariwisata ini juga didesain untuk mengakomodasi Kawasan Wisata Mangrove yang merupakan mekanisme penga­manan pesisir secara alami.

Airlangga menyebutkan, pengembangan 14 PSN baru akan dilakukan di sejumlah daerah. Yakni di Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara.

Dia merinci, 14 PSN baru tersebut terdiri dari 8 Kawasan Industri, 2 Kawasan Pariwisata, 2 Jalan Tol, 1 Kawasan Pen­didikan, Riset dan Teknologi, Kesehatan, serta 1 Proyek Migas Lepas Pantai.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.