Dark/Light Mode

Masuk Proyek Strategis Nasional

PIK 2 Membuka Peluang Usaha Dan Lapangan Kerja

Senin, 25 Maret 2024 07:00 WIB
Ilustrasi. Foto: Dok. PIK
Ilustrasi. Foto: Dok. PIK

 Sebelumnya 
“Keseluruhan PSN baru yang disetujui, pembiayaannya be­rasal dari investor swasta dan tidak membutuhkan dukungan APBN,” tegasnya.

PSN baru ini, lanjut Airlang­ga, ditujukan untuk mendukung kebijakan percepatan hilirisasi, konektivitas, pengembangan dan pemerataan ekonomi na­sional dan daerah, menciptakan lapangan kerja, serta mendap­atkan dukungan Kementerian sektor terkait.

Airlangga mengatakan, hingga Januari 2024 Pemerintah telah menyelesaikan 190 PSN dengan total nilai invetasi mencapai Rp 1.515,4 triliun. PSN itu tersebar di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Dipastikan­nya, PSN itu menjadi proyek yang memiliki nilai investasi tinggi dan berdampak ekonomi luas seperti sektor jalan, pelabu­han, kereta api, bandar udara, bendungan, energi, listrik, kes­ehatan, dan telekomunikasi.

Baca juga : Urus Banjir Masih Memble

Pengamat Tata Kota dari Uni­versitas Trisakti, Yayat Supriatna, mengatakan, bertambahnya ber­bagai PSN baru, termasuk PSN PIK 2 di pinggiran Jakarta akan memunculkan pusat pertumbuhan baru. Karena masih memiliki potensi wilayah yang luas untuk dibangun dan dikembangkan.

“PIK bisa mengurangi be­ban Jakarta dengan munculnya kota satelit baru, pilihan al­ternatif baru yang kondisinya lebih baik,” kata Yayat kepada wartawan dalam diskusi soal perkotaan di Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Dia melanjutkan, kawasan PIK 2 akan menyebar sampai ke arah kabupaten Tangerang.

Baca juga : Diserang Virus, Tim Garuda Tetap Pede

Artinya, kata dia, ada alter­natif baru untuk menjadikan kawasan itu jadi kawasan ECO Wisata, pemukiman, perdagangan dan jasa.

“Tentunya ini akan memudah­kan Pemerintah dalam mengakselerasi pembangunan,” ujar Yayat. NOV

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 10, edisi Senin, 25 Maret 2024 dengan judul "Masuk Proyek Strategis Nasional PIK 2 Membuka Peluang Usaha Dan Lapangan Kerja"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.