Dark/Light Mode

Bayar Pake BRImo, Jamin Menang ‘War Takjil’ Di Bazar Takjil Ramadan Benhil

Senin, 25 Maret 2024 15:57 WIB
Bazar Takjil Ramadan Bendungan Hilir (Benhil), Jakarta Pusat, dipenuhi para pemburu takjil, Minggu (24/3/2024). (Foto: DRS/RM)
Bazar Takjil Ramadan Bendungan Hilir (Benhil), Jakarta Pusat, dipenuhi para pemburu takjil, Minggu (24/3/2024). (Foto: DRS/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Waktu berbuka puasa masih dua jam lebih. Tapi tenda Bazar Takjil Ramadan Bendungan Hilir (Benhil) sudah dipenuhi para pemburu takjil, Minggu (24/3/2024). Bahkan antrean pembeli sudah mengular di luar tenda berukuran sekitar 10x10 meter yang berada persis di depan Balai Warga RW 01 Benhil, sekaligus gedung Pos Polisi Subsektor Bendungan Hilir, Polsek Metro Tanah Abang.

Di dalam tenda biru yang sekelilingnya dipasangi banner berwarna biru bertuliskan "Bazaar Takjil Ramadhan Benhil" juga penuh sesak dengan pembeli. Selain itu, Bazar Takjil ini juga kerap didatangi influencer atau vlogger.

Semakin sore, pengunjung Takjil Benhil makin membludak. Sehingga untuk memilih takjil pembeli harus berdesakan dan berjalan setapak demi setapak. Di dalam tenda berjejer sekitar 60 stan yang menjajakan berbagai menu takjil, mulai dari gorengan, mie, berbagai macam bubur, kolak, es buah dan sebagainya.

Tidak hanya itu, tersedia juga masakan Padang, Gudeg Yogyakarta, Ayam Taliwang serta berbagai macam kudapan tradisional Indonesia. Bahkan ada juga jajanan kekinian yang tengah viral seperti Es Teler Sultan dan Mochi Daifuku, makanan khas Jepang.

Aroma dan tampilan makan dan minuman yang dijajakan dijamin bikin ngiler.

“Saya baru beli kue bugis, talam lapis ketan, Mochi Daifuku. Masih pingin cari lagi, abis kayaknya enak-enak banget sih,” kata Fauziah, salah satu pembeli.

Perempuan asal Tanjung Priok, Jakarta Utara ini mengaku sengaja datang ke Takjil Benhil lantaran penasaran.

“Sudah lama tahu dan dengar, jadi penasaran. Mumpung lagi libur, sengaja ke sini untuk cari takjil sekalian ngabuburit,” ujarnya yang datang bersama temannya.

QRIS BRI memudahkan pembeli melakukan pembayaran non tunai. (Foto; DRS/RM)

Selain menunya lengkap, Fauziah juga mengaku senang berburu takjil di Benhil ini lantaran tersedia pembayaran non tunai. Di mana semua stan menyediakan barcode Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang disponsori PT Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Baca juga : Jalanlan TJSL, Jamkrindo Gelar Safari Ramadan Di Beberapa Daerah

“Untungnya saya sudah punya aplikasi BRI Mobile (BRImo), jadi bisa bayar non tunai. Kebetulan saya nggak bawa banyak uang cash,” ucapnya.

Diakui perempuan berhijab ini, dengan pembayaran via BRImo, transaksi menjadi lebih mudah dan praktis.

“Tinggal scan barcode saja, lebih cepat. Kan kalau bayar cash, apalagi uang pecahan besar, nunggu kembalian kadang suka lama,” bebernya.

Hal senada diungkap Yuda, penjual ayam bakar. Dia mengaku terbantu dengan adanya pembayaran non tunai. Selain tidak perlu mencari uang pecahan kecil untuk kembalian, dengan pembayaran tunai, dia juga terhindar dari kelebihan memberikan uang kembalian.

“Kita juga jadi lebih aman dari uang palsu. Kalau lagi banyak pembeli, kadang kita jadi nggak terlalu teliti memeriksa uang yang diberikan pembeli,” kata dia. Yuda bilang, banyak pembeli yang memilih pembayaran non tunai dengan menscan barcode QRIS.

Untuk diketahui, Bazar Ramadan Benhil dirintis Forum Peduli Benhil (FPB) pada 1990-an. Pedagang yang berjualan di Bazar ini umumnya warga sekitar Benhil. Lokasi Bazar Takjil ini awalnya di Pasar Benhil. Pada 2012, lantaran ada pelebaran jalan, lokasi Bazar dipindahkan di depan Balai Warga RW 01 Benhil.

Lokasi Bazar Takjil Benhil ini sangat strategis. Selain berada di pertigaan jalan, dekat dengan perkantoran dan pemukiman warga. Makanan dan minuman Bazar Takjil Benhil ini juga aman dan terjamin. Sebab jajanan di sini selalu diperiksa petugas Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Zona QRIS BRI

Pasar Takjil Benhil merupakan salah satu Zona QRIS BRI. Zona QRIS BRI merupakan sebuah inisiatif kerja sama antara BRI dengan berbagai titik sentra bisnis yang populer di kalangan masyarakat. Program ini dirancang untuk memberikan pengalaman terbaik bagi nasabah dalam menikmati aneka produk kuliner dengan transaksi yang mudah, cepat dan cashless.

Baca juga : Mentan Senang Performa Produksi Bawang Merah Semakin Baik

Program ini juga menjadi bentuk komitmen BRI untuk terus memberikan dukungan pada UMKM melalui penyediaan media pembayaran QRIS yang efisien dan pemberian insentif transaksi bagi pedagang, serta program pemberdayaan dan pelatihan untuk meningkatkan literasi bisnis mereka.

Pasar Takjil Benhil merupakan salah satu Zona QRIS BRI. (Foto: DRS/RM)

Zona QRIS BRI bisa ditemukan di 12 lokasi strategis yang menjadi titik kumpul masyarakat untuk berburu takjil. Berikut lokasinya.

Lapangan Kerkof Garut

Lengkong Kecil Street Food

Cikuray Street Food

Kuliner St Cikini

Kuliner Ps Rawamangun

Kuliner Malam Jl Sabang

Blok S

Baca juga : Cuaca Besok Jakarta Diramal Mendung Tapi Panas, Apakah Hujan? Ini Prakiraan BMKG

Pojok Kuliner Yasmin Bogor

Cilandak Matas

Pasar Modern BSD

Pasar Modern BTC

Pasar Lama Tangerang

Di setiap titik ini, pembeli dapat menikmati kemudahan pembayaran non-tunai melalui QRIS di BRImo. Keuntungan menggunakan layanan ini tidak terbatas pada kemudahan dan kecepatan transaksi saja, tetapi juga beragam diskon dan promo yang membuat pengalaman berburu takjil menjadi lebih hemat dan menyenangkan.

Selain mendukung gerakan keuangan digital dan inklusi keuangan, keberadaan Zona QRIS BRI membantu para pedagang takjil meningkatkan omzet mereka dengan menyederhanakan proses pembayaran.

Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan, Zona QRIS BRI dan aplikasi BRImo menjadi pilihan ideal bagi siapa saja yang ingin merasakan kemudahan bertransaksi sambil menikmati beragam takjil di bulan Ramadan.

Sudah siap berburu takjil pakai QRIS di BRImo? Yuk, download dan Install BRImo sekarang juga di App Store, Play Store, atau Huawei App Gallery untuk mempermudah kamu bertransaksi. Di mana pun transaksinya, gunakan Kartu Kredit BRI, Debit BRI, dan QRIS di BRImo untuk merasakan kemudahan transaksi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.