Dark/Light Mode

Ramadan dan Idul Fitri, J&T Cargo Prediksi Volume Kirim Naik 2 Kali Lipat

Rabu, 27 Maret 2024 10:40 WIB
J &T Cargo menargetkan pertumbuhan pengiriman lebih tinggi dibandingkan tahun lalu di masa Ramadan dan Idul Fitri. (Foto: Ilustrasi Istimewa)
J &T Cargo menargetkan pertumbuhan pengiriman lebih tinggi dibandingkan tahun lalu di masa Ramadan dan Idul Fitri. (Foto: Ilustrasi Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - J&T Cargo menargetkan pertumbuhan pengiriman lebih tinggi dibandingkan tahun lalu di masa Ramadan dan Idul Fitri.

Manager Network Management J&T Cargo M. Said Abdullah mengatakan, pencapaian pada 2023 telah bertumbuh 2 kali lipat dibandingkan dengan 2022.

"Sepanjang 2023, kami memiliki total 3.337 outlet dan 1,5 juta pelanggan. Adapun secara tonase, kami sudah mengirimkan barang sebesar 200 ribu ton," ungkap Said di acara Media Iftar J&T Cargo di Jakarta Pusat, Selasa (26/3/2024).

Selain itu, di tahun lalu J&T Cargo juga sudah memiliki total 98 gateway atau warehouse yang menjadi tempat sortir di berbagai daerah.

Tak hanya itu J&T Cargo juga sudah memiliki total 3 ribu armada di luar kendaraan bermotor.

Di momen Ramadan dan Idul Fitri 2024 ini, J&T Cargo memproyeksikan kenaikan volume pengiriman bisa mencapai 2 kali lipat dibandingkan hari biasa.

Tahun lalu, pihaknya mencapai peningkatan 3 kali lipat dibandingkan hari biasa.

"Kenaikan volume pengiriman bisa 2 kali lipat. Kita di-support ada 5 e-commerce atau layanan online kita. Online bisa meningkat pemesanannya hingga 3 sampai 4 kali lipat, kalau offline 2 sampai 3 kali lipat di momen Ramadan," tutur Said.

Baca juga : Punya 3.337 Outlet, J&T Cargo Terus Tingkatkan Layanan

Sementara untuk barang yang dikirim di momen Ramadan, J&T Cargo mencatat pakaian adalah barang yang paling banyak dikirimkan dalam skala besar.

Besarnya pengiriman pakaian, J&T Cargo bekerja sama dengan UMKM daerah yang berjualan mukenah, peci, dan lainnya.

"Permintaan pengiriman cargo untuk motor juga cukup banyak. Pengiriman ini cukup tinggi permintaannya di wilayah Jawa Tengah dan Timur di masa mudik Lebaran," ucap Said. 

Bisnis J&T Cargo berusaha untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan melalui kolaborasi strategis dengan partner dari tiga sektor industri penting, yaitu, UMKM yang bergerak di bidang pelayanan & komunitas UMKM, portal informasi bisnis, dan sektor resources.

"Selama 2 tahun berjalan, J&T Cargo mengalami pertumbuhan bisnis yang meningkat hingga 2 kali lipat.

Pencapaian ini merupakan hasil dari usaha para mitra outlet yang konsisten memberikan pelayanan terbaik ke customer," ujar Said.

Pertumbuhan ini juga didukung oleh sistem franchise J&T Cargo yang memberikan proses onboarding yang mudah, tim yang solid dalam menggali potensi outlet, program pelatihan, serta penerapan teknologi sistem JFS yang membantu outlet terintegrasi dengan sistem J&T Cargo.

Said menjelaskan, J&T Cargo telah menjadi best practice yang sukses memberdayakan UMKM. Dalam 2 tahun ini, para mitra yang bergerak di bidang pelayanan telah berhasil melayani pengiriman untuk perusahaan besar seperti OPPO, dan lainnya.

Baca juga : Ramadan dan Idul Fitri, KAI Logistik Optimalkan Pengiriman Hingga Ke Kalimantan

Hingga saat ini total telah mencapai 1,5 juta pelanggan. Di portal informasi bisnis, J&T Cargo bekerja sama dengan SWA Media Group memberikan pembinaan bisnis terhadap 100 mitra.

Pembinaan ini difokuskan pada materi pelayanan sesuai standar J&T Cargo yang dapat diimplementasikan oleh para mitra.

Sebagai motivasi tambahan, J&T Cargo dan SWA Media Group juga menginisiasi program Best Service outlet.

"Program ini merupakan strategi J&T Cargo di tahun 2024 untuk menciptakan ekosistem yang berfokus di bidang pelayanan," ungkap Said.

Best Service outlet adalah bentuk apresiasi untuk mitra J&T Cargo yang bergerak di bidang pelayanan yang secara konsisten meningkatkan kualitas layanan mereka kepada customer.

Dinilai berdasarkan akumulasi 4 indeks, yakni persentase tingginya penjemputan paket tepat waktu setelah dipesan oleh klien dan mengantarkannya ke GW (gudang) pada hari yang sama (Rate Pick-up on Time), persentase tingginya pengiriman paket tepat waktu kepada klien sesuai SLA (Rate Delivery on Time), persentase rendahnya jumlah komplain dan tingginya kecepatan penyelesaian komplain (Rate Complain), serta persentase tingginya pengiriman kembali dokumen DO sesuai instruksi dan tepat waktu (Rate DO kembali).

Tidak hanya memberikan pembinaan dan pelatihan kepada 100 outlet terpilih, tapi juga akan melibatkan 3.337 outlet lain yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia untuk ikut dalam pembinaan.

Sementara, kerja sama UMKM di bidang pelayanan dan komunitas, J&T Cargo turut memberdayakan komunitas UMKM atau seller  yang menggunakan layanan pengiriman mereka.

Baca juga : Ramadan, Transaksi Penjualan Seller Tokopedia TikTok Melonjak 1,4 Kali Lipat

Komunitas tersebut antara lain seperti Komunitas Tangan Di Atas (TDA), Komunitas Seller UMKM, serta Komunitas pelaku ekspor-impor.

"Kerja sama ini berbentuk penyelenggaraan event atau pelatihan tentang strategi peningkatan jualan dan pengiriman bagi mitra UMKM. Para mitra ini pun bisa mendapatkan feedback tentang bagaimana meningkatkan kualitas layanan J&T Cargo di outlet mereka," jelasnya.

Di sektor resources, J&T Cargo siap menghadirkan solusi yang holistik untuk 100 mitra yang mendapatkan penghargaan Best Service Outlet.

Dalam hal ini para mitra sebagai UMKM yang bergerak di bidang pelayanan dapat dengan mudah mengajukan bantuan guna meningkatkan pelayanan mereka ke customer. Salah satunya melalui financial solution atau pendanaan untuk penambahan armada, perluasan tempat, atau penambahan SDM.

"Selain pendanaan, kedepannya kami juga akan bekerjasama dengan sektor lain yang mendukung dalam bentuk material, seperti armada dan warehouse," katanya.

Seiring dengan pertumbuhan mitra yang masuk dalam ekosistem J&T Cargo, bisnis perusahaan juga turut tercatat tumbuh secara positif.

Hingga kuartal l 2024, J&T Cargo telah memiliki lebih dari 3.337 outlet yang tersebar di seluruh negeri, dengan jaringan yang mencakup 99 persen populasi di seluruh Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.