Dark/Light Mode

Penumpang LRT Jabodebek Bisa Tembus 25 Ribu Saat Lebaran

Rabu, 27 Maret 2024 11:30 WIB
LRT Jabodebek memprediksi jumlah penumpang akan tembus mencapai 25 ribu saat Hari Raya Idul Fitri 1455 H. (Ilustrasi Istimewa)
LRT Jabodebek memprediksi jumlah penumpang akan tembus mencapai 25 ribu saat Hari Raya Idul Fitri 1455 H. (Ilustrasi Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - LRT Jabodebek memprediksi jumlah penumpang akan tembus mencapai 25 ribu saat Hari Raya Idul Fitri.

Manager Public Relations LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono mengatakan, angka tersebut merupakan akumulasi dari 18 stasiun LRT Jabodebek.

"Kalau prediksi kami di angka 25 ribu penumpang per hari di hari H Lebaran. Di H+2 bisa naik lagi," kata Mahendro, Rabu (27/3/2024).

Mahendro mengungkapkan, terdapat pola operasi berbeda pada hari H Lebaran, di mana peak season akan terjadi pada siang hari menjelang malam.

Baca juga : Lanny/Ribka Sukses Bawa Gelar Perdana

"Kalau Lebaran polanya weekend. Kita punya dua pola yaitu, weekend dan  weekday. Ketika hari libur, cuti bersama pakai pola weekend. Jadi, ada 260 perjalanan pada hari tersebut," jelasnya.

Mahendro menambahkan, operasional trainset LRT Jabodebek tetap sama yakni 18 kereta dengan kereta cadangan sebanyak 4 kereta.

Sementara, headway  atau jarak kedatangan kereta adalah berkisar 12,5 menit.

"Kami lakukan antisipasi ketika ada terjadi peningkatan jumlah pengguna. Kami sudah ada posko yang sama karena benderanya satu KAI tetap ada posko. Jadi kami sudah siapkan petugasnya sendiri," tuturnya.

Baca juga : BRI Sediakan Uang Tunai Rp 34 T Di Periode Libur Lebaran

Di Ramadan 2024 ini, kata Mahendro, jumlah pengguna LRT Jabodebek menunjukkan pertumbuhan yang positif.

"Untuk saat ini sejak mulai beroperasi pada Agustus 2023, kami sudah tembus 8,1 juta pengguna. Pada Maret ini kami sudah 1,1 juta pengguna," ucapnya.

Sementara untuk diskon tarif, Mahendro melihat ada potensi promo akan diperpanjang. Namun, dia bilang keputusannya akan diserahkan kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Ada potensi diperpanjang. Karena memang belum capai target kami harap masih diperpanjang," ujarnya.

Baca juga : RANS Bantai Dewa 5-0, Jan Olde Yakin Bisa Tembus 4 Besar

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub memperpanjang pemberlakuan tarif promo LRT Jabodebek maksimal Rp10.000 hingga 31 Maret 2024.

Harapannya, perpanjangan tarif promo ini diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan transportasi publik.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.