Dark/Light Mode

Banteng Menang Hattrick Kembali Terbuka Lebar

Senin, 22 Januari 2024 08:57 WIB
Tabel hasil survei Charta Politika. (Grafik: Charta Politika)
Tabel hasil survei Charta Politika. (Grafik: Charta Politika)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mimpi PDIP untuk menang hattrick alias menang tiga kali berturut-turut dalam Pemilu 2024 hidup lagi. Peluang tersebut terbuka lebar jika merujuk hasil survei terbaru dari Charta Politika, yang dirilis Minggu (21/1/2024).

Survei tersebut dilakukan terhadap 1.200 responden dengan metode wawancara tatap muka pada 4-11 Januari 2024. Hasilnya, mayoritas responden di beberapa provinsi Indonesia menjawab, memilih PDIP.

“PDI Perjuangan menempati peringkat pertama dengan angka 22,6 persen,” ujar Peneliti Charta Politika Nachrudin, dalam pemaparan hasil surveinya melalui kanal YouTube Charta Politika.

Baca juga : Jokowi: Tiap Hari Kita Rapat

Posisi kedua ditempati Gerindra yang meraih 18,8 persen. Posisi ketiga sampai kelima ditempati secara berurutan oleh Golkar dengan 9,3 persen, NasDem 8,8 persen, dan PKB 8 persen.

Dalam survei ini, Charta Politika memprediksi ada beberapa partai yang tidak mampu melenggang ke Senayan dalam Pemilu 2024, karena tidak memenuhi Parliamentary Threshold 4 persen. Yaitu Demokrat, PPP, PSI, dan Perindo. Demokrat diprediksi hanya mengantongi elektabilitas sebesar 3,9 persen, diikuti PPP 3,6 persen, Perindo 2,8 persen dan PSI 1,9 persen.

“PDIP sebagai pengusung pasangan Ganjar-Mahfud masih unggul di elektabilitas partai politik. Berikutnya Gerindra yang mengusung Prabowo dan Gibran ada di posisi kedua,” terang Nachrudin.

Baca juga : Gandeng Jangkrik Kuliner, Mall Ciputra Jakarta Luncurkan Food Destination

Dengan hasil survei ini, pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin menilai, peluang PDIP meraih hattrick terbuka. Namun, jika merujuk hasil survei lembaga lain, ada kemungkinan PDIP juga dapat disalip oleh Gerindra.

“Apakah hattrick atau tidak, bisa iya bisa tidak. Mungkin saja tersalip Gerindra yang siap mengambil alih pimpinan klasemen,” ucap Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) ini.

Di dunia maya, hasil survei ini dikomentari beragam oleh warganet. Ada yang senang, karena jagoannya berpotensi menang. Ada juga yang tidak yakin dengan hasil survei ini, dengan anggapan Charta Politika sebagai konsultan politik PDIP dan Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Baca juga : Standard Chartered Garap Peluang Besar Segmen Perbankan Ritel

Akun @bayusetiawan menjadi salah satu yang senang. Dia happy karena PDIP unggul dan Ganjar-Mahfud berpeluang masuk putaran kedua.

"Masuknya 03 ke putaran kedua berpotensi menang di putaran kedua. Karena suara 01 haram kayaknya ke 02," tulisnya. "Semoga yang terbaik untuk Ganjar-Mahfud," doa @MuseOirav.
 
Ada juga warganet yang tidak percaya. "Hahaha. Konsultan politik merangkap surveyor, ya jelaslah mengunggulkan 03 dari 01. Kalau 02 sih nggak ada lawan," cetus @Erland80. "Yang survei konsultannya, menghibur dirilah kalian," sindir @domu95. BYU/MEN

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Senin (22/1), dengan judul “Banteng Menang Hattrick Kembali Terbuka Lebar”.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.