Dark/Light Mode

Manfaatkan Pembayaran QRIS BRI, Transaksi UMKM Jakpreneur Jadi Lancar Dan Aman

Rabu, 27 Maret 2024 13:35 WIB
Bazar Ramadan Jakpreneur Jatinegara berkolaborasi dengan BRI selama dua hari, Senin - Selasa, 25-26 Maret 2024. Kegiatan yang dibuka untuk umum ini dimulai sejak pukul 12.00-18.00 WIB. (Foto: DRS/RM)
Bazar Ramadan Jakpreneur Jatinegara berkolaborasi dengan BRI selama dua hari, Senin - Selasa, 25-26 Maret 2024. Kegiatan yang dibuka untuk umum ini dimulai sejak pukul 12.00-18.00 WIB. (Foto: DRS/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Belasan tenda berwarna-warni berdiri di halaman parkir Kantor Bank BRI Otista, Jalan Otista, Bidaracina, Jatinegara, Jakarta Timur. Tenda yang berada di samping kanan Gedung BRI ini merupakan peserta Bazar Ramadan Jakpreneur Jatinegara berkolaborasi dengan BRI. Kegiatan ini digelar selama dua hari, Senin - Selasa, 25-26 Maret 2024. Kegiatan yang dibuka untuk umum ini dimulai sejak pukul 12.00-18.00 WIB.

Peserta adalah pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang tergabung dalam Jakpreneur, binaan Kecamatan Jatinegara. Mereka menjajakan berbagai produk buatan sendiri atau homemade. Seperti makanan dan minum untuk berbuka puasa atau takjil dan hasil kerajinan tangan. Selain itu, ada sembako murah, daging murah dan bawang putih/merah murah.

Kepala Satuan Pelaksana UMKM Jatinegara Tarman mengatakan, selain UMKM binaan Kecamatan Jatinegara, kegiatan ini juga mengikutsertakan UMKM dari Dinas Pemprov DKI Jakarta.

"Seperti Dinas Tenaga Kerja, KPKP, PPKUKM dan lainnya,” kata Tarman, Selasa (26/3/2024).  

Tarman menyebut, selain untuk mempromosikan produk UMKM binaan, kegiatan ini untuk membantu meringankan beban masyarakat dan memudahkan dalam mencari takjil.

"Alhamdulillah masyarakat banyak yang datang ke sini untuk membeli sembako murah,” ujarnya.

Baca juga : Ke Manila, Prof Tjandra Akan Paparkan Rencana Aksi Perangi TB Di ASEAN Besok

Tarman bilang, bazar ini terselenggara atas kolaborasi berbagai pihak, terutama Bank BRI yang telah menyediakan tempat dan memfasilitasi pembayaran non tunai dengan QRIS.

“Terima kasih kepada BRI yang telah memberikan tempat untuk lokasi bazar. Karena di Kelurahan Bidaracina lokasinya sempit,” ucapnya.

Menurut dia, dengan pembayaran non tunai melalui QRIS, mendorong masyarakat dan pelaku UMKM untuk menabung.

“Alhamdulilah, bermanfaat. Dengan QRIS ini berarti pedagang punya target buka tabungan. Selain itu uang yang diterima langsung masuk ke rekening, lebih aman dan lebih mudah,” bebernya. 

Titin Supriatin, pemilik nama usaha Suryobae mengaku senang mengikuti kegiatan ini. Titin mengaku kegiatan ini membantu promosikan produknya. Dia menjual bros dan gantungan kunci (ganci) homemade.

“Alhamdulillah, semua sudah disediakan, tempat, tenda, meja dan bangku. Di sini kita tingga menjual produk saja. Kalau di tempat lain kan mesti sewa lapak,” ucapnya.

Baca juga : BNPB Buka Pendaftaran Rehabilitasi Rumah Rusak Karena Bencana Alam

Titin menyebut, fasilitas pembayaran non tunai yang disediakan BRI juga memperlancar transaksi. Pembeli hanya menscan barcode yang telah disediakan.

“Saya sih senang dengan transaksi non tunai ini, mempermudah dan lebih aman,” ucapnya.

Solusi Permodalan UMKM

Pimpinan Cabang BRI KC Jakarta Otista R Mochamad Yogiprayogi menyambut baik kolaborasi bersama Jakpreneur Jatinegara ini. Kata Yogi, sesuai dengan namanya, BRI singkatannya Bank Rakyat Indonesia. Karena itu BRI harus dekat dengan rakyat. 

“Beliau-beliau inilah dari kelurahan adalah pengayom-pengayomnya. Otomatis, kolaborasi dari kami itu penting untuk menjaga ketahanan dan sustainabilitas dari masyarakat di sini,” ujarnya.

Yogi menambahkan, kalau ada masalah di perbankan, BRI yang pegang dari permodalan. Pihaknya pun siap membantu pendanaan/modal bagi pelaku UMKM.

Baca juga : Crazy Rich Surabaya Ditetapkan Tersangka

“Bisa melalui KUR, Kumpedes, termasuk transaksi alat,” kata dia.

Yogi berharap kegiatan seperti ini bisa dilakukan kontinu dan bermanfaat untuk masyarakat.

“Intinya masalah keuangan, solusinya ada BRI. Insyaallah, kita bisa ada solusi. Soal tempat, saya terbuka,” ujarnya.

Untuk diketahui, di Bazar Ramadan Jakpreneur Jatinegara | BRI ini tersedia sembako murah. Beras premium 5 kilogram (Kg) dibanderol Rp 72.000, beras SPHP 5 Kg Rp 53.000, Minyak Goreng Rizky botol 1 liter Rp 14.000 dan gula manis Kita 1 Kg Rp 17.000.

Sedangkan Ayam Karkas Frozen 1 ekor dari harga Rp 34.900 menjadi Rp 27.000, daging sapi 1 Kg dari Rp 115.000 menjadi Rp 105.000, daging kerbau 1 Kg dari Rp 90.000 menjadi Rp 80.000 dan telur ayam negeri isi 10 butir Rp 23.000.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.