Dark/Light Mode

Dilepas Menaker, Mudik Bareng Panasonic Gobel Diikuti 1.400 Pekerja

Sabtu, 6 April 2024 15:04 WIB
Pelepasan mudik bareng Panasonic Gobel Group. (Foto: Ist)
Pelepasan mudik bareng Panasonic Gobel Group. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Panasonic Gobel Group menggelar mudik bareng untuk pekerjanya. Tercatat ada 1.400 pekerja yang ikut acara bertema Mudik Nyaman, Aman dan Ceria ini.

Mereka diberangkatkan melalui 24 bus. Tujuan mudik bareng ke Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung dan Palembang.

Mudik Nyaman merupakan agenda rutin tiap tahunnya yang diinisiasi oleh Federasi Serikat Pekerja Panasonic Gobel (FSPPG), Kelompok Serikat Buruh Muslimin Indonesia (K-SARBUMUSI), serta Koperasi Karyawan Gobel (Kopkar GOBEL) dan telah berlangsung sejak 2014. 

Pelepasan mudik bareng Panasonic Gobel Group dilakukan di PT Panasonic Manufacturing Indonesia (PMI), Jl. Raya Bogor Km. 29, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Sabtu pagi (6/4/2024).

Baca juga : Puncak Arus Mudik Di Bandara AP II Diprediksi Besok

Hadir dalam pelepasan acara Mudik Nyaman ini Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah, Pemimpin Perusahaan Panasonic Gobel Group M. Arif Rahmat Gobel, dan Presiden Federasi Serikat Pekerja Panasonic Gobel-Konferderasi Serikat Buruh Muslimin Indonesia Djoko Wahyudi.

Dalam sambutan, M. Arif Rachmat Gobel mengatakan, kegiatan Mudik Nyaman ini merupakan hasil sinergitas antara manajemen perusahaan bersama Serikat pekerja untuk memfasilitasi aktivitas mudik dengan aman dan nyaman, sehingga para pekerja dapat merayakanhari Raya Idul Fitri bersama keluarga tercinta di rumah. 

"Kegiatan mudik nyaman menjadi cerminan komitmen manajemen perusahaan untuk memberikan kesejahteraan lahir batin bagi segenap karyawan Panasonic Gobel group, sekaligus menjadi partner dalam membangun hubungan industrial yang produktif dan harmonis, sehingga menjadi percontohan hubungan industrial di Indonesia. Kami pun, sangat mengapresiasi Menaker yang selalu mendukung danturut hadir dalam pelepasan Mudik Nyaman", ujar Arif.

Dia juga mengapresiasi, Menaker yang selalu hadir dalam pelepasan mudik bareng. “Kami ucapkan terima kasih kepada Ibu Menaker,” ujarnya.

Sementara, Djoko Wahyudi mengatakan, selain Mudik Nyaman, banyak kegiatan kolaborasi antara manajemen perusahaan dan serikat pekerja di bidang Pendidikan seperti beasiswa hingga program lainnya yang menciptakan kesejahteraan karyawan. Hal tersebut diharapkan dapat menjadi wadah untuk membangun pondasi hubungan industrial dan bisa mencapai tujuan bersama demi masa depan yang lebih baik.

Baca juga : Mantap, Mudik Gratis TASPEN Diikuti 720 Pemudik, Bonus Asuransi Perjalanan

“Kami terima kasih kepada manajemen Panasonic Gobel Group, Kementerian Ketenagakerjaan, dan BPJS Ketenagakerjaan yang turut merealisasikan tujuan mulia untuk membantu para karyawan pulang menuju kampung halaman dengan baik, sekaligus mendukung program pemerintah dalam mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.” tambah Djoko.

Dalam kesempatan itu, Menaker Ida Fauziah mengapresiasi, manajemen Panasonic Gobel Group dan serikat pekerjanya yang memfasilitasi mudik gratis bagi para pekerja. Menurutnya, penyelenggaraan mudik gratis menunjukkan kemitraan antara manajemen perusahaan dan serikat pekerja telah berjalan dengan baik.

"Ini satu tanda bahwa kemitraan itu telah dibangun sedemikian rupa, dan penyelenggaraan mudik gratis ini sudah dimulai sejak 2014," ujarnya.

Kemnaker terus mendorong seluruh manajemen perusahaan dan serikat pekerjanya untuk menjaga kemitraan yang harmonis, di antaranya melalui penyelenggaraan mudik gratis. "Mudah-mudahan dengan mudik kali ini, produktivitas meningkat. Kalau produktivitasnya meningkat maka insyaallah kami sangat mendukung mudik ini juga diteruskan dengan balik. Jadi mudik dan balik," ucapnya. 

Baca juga : Gelar Mudik Gratis, Partai Golkar Berangkatkan 1.000 Pemudik

Pihaknya pun mendorong partisipasi dunia usaha agar dapat memfasilitasi mudik gratis bagi pekerja. Hal tersebut guna membantu para pekerja yang akan melakukan mudik Lebaran.

"Mudah-mudahan program mudik gratis bagi pekerja bisa berlanjut untuk tahun-tahun yang akan datang," ucapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.