Dark/Light Mode

Talkshow BMK 1957, Anak Muda Jangan Golput

Senin, 15 Januari 2024 19:25 WIB
DPP Barisan Muda Kosgoro 1957 (BMK) 1957 menyelenggarakan talkshow dengan Topik Pemuda Gereja Ngobrolin Pemilu di Tanaza Cafe Gading Serpong, Tangerang, Minggu (14/1/2024).
DPP Barisan Muda Kosgoro 1957 (BMK) 1957 menyelenggarakan talkshow dengan Topik Pemuda Gereja Ngobrolin Pemilu di Tanaza Cafe Gading Serpong, Tangerang, Minggu (14/1/2024).

RM.id  Rakyat Merdeka - DPP Barisan Muda Kosgoro 1957 (BMK 1957) menyelenggarakan talkshow dengan Topik Pemuda Gereja Ngobrolin Pemilu di Tanaza Cafe Gading Serpong, Tangerang, Minggu (14/1/2024).

Acara ini, mengajak pemuda gereja terlibat aktif dan tidak golput di Pemilu 2024.

“Anak muda jangan golput di Pemilu 2024,” kata PLH Sekretaris Jenderal (Sekjen) BMK57, Gomgom Sibuea, dalam keterangannya, Senin (15/1/2024).

Acara ini, dihadiri sejumlah pemuda Banten. Di antaranya, Ketua Barisan Muda Kosgoro 1957 Provinsi Banten Raukhil Aziz, Ketua Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Tangerang Selatan Adi Saputra Simanullang, dan Ketua Pemuda Gereja Pentakosta Indonesia Provinsi Banten Daniel Silalahi.

Baca juga : Raisa, Ajak Fans Ke Era Lagu Galau

Gomgom menjelaskan, talkshow tersebut untuk mengajak anak muda aktif menjadi agen perubahan. Baginya, pesta demokrasi kali ini menjadi spesial bagi kaum muda.

Pasalnya, ada Cawapres Gibran Rakabuming Raka sebagai perwakilan anak muda yang tampi sebagai kontestan.

“Beliau menjadi simbol representatif kaum muda, harus menjadi daya tarik bagi seluruh elemen pemuda Indonesia. Secara khusus, pemuda gereja untuk terlibat aktif dan berperan dalam Pemilu 2024. Karena itu adalah bukti jika pemuda bisa berbuat dan melakukan hal-hal besar bagi kemajuan bangsa Indonesia,” pesannya.

Ketua GAMKI Kota Tangsel, Adi Saputra Simanullang mengatakan, pemuda gereja harus berpolitik. Tetapi, harus dibedakan gereja sebagai institusi tidak boleh berpolitik. Maka, pemuda gereja harus terlibat dalam partisipasi politik.

Baca juga : Siklus Kenaikan Harga Pangan

“Kurangnya fasilitas pembinaan di gereja terkait politik kepada pemudanya membuat tinggi angka golput pemuda gereja. Ini, dapat menyebabkan kecurangan dan manipulasi suara. Dengan berpartisipasi, maka pemuda dapat menentukan pilihan dan meminimalisasi kecurangan,” katanya.

Ketua Barisan Muda Kosgoro 1957 Provinsi Banten, Raukhil Aziz juga sangat mengapresiasi kegiatan pemuda gereja Provinsi Banten yang disupport oleh DPP BMK 1957. Pesannya, pemuda harus saling mendukung sesamanya. Caleg pemuda, menjadi pilihan pemuda.

Ketua Pemuda Gereja Pentakosta Indonesia Provinsi Banten, Daniel Silalahi juga menyampaikan pandangannya terhadap situasi pemuda gereja. Saat ini, perbincangan tentang politik masih dianggap tabu.

Bahkan, tidak sedikit pemuda gereja kerap menganggap bahwa hal-hal di luar pelayanan merupakan hal yang tidak penting karna dianggap tidak banyak berpengaruh terhadap kehidupannya. Padahal, kata Daniel, Pemilu 2024 adalah tahunnya kaum muda.

Baca juga : Menko PMK Dorong Anak Muda Berdiaspora Luaskan Peran

Di sana, ada wakil anak muda, Cawapres Gibran Rakabuming Raka. Di tambah, 56 persen calon pemilih adalah kaum muda. Jadi, anak muda saat ini memiliki peran besar untuk membawa bangsa ini kea rah yang lebih baik lagi. Oleh sebab itu, pemuda-pemudi gereja harus turut ambil bagian di Pemilu 2024.

Golput merupakan hal yang tidak berguna karena sama saja tidak berbuat apapun dalam membangun harapan menuju Indonesia emas 2045 mendatang, oleh sebab itu pemuda harus ikut serta dalam menentukan haluan negara kita kedepan,” pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.