Dark/Light Mode

Prioritaskan Aspek Lingkungan, Pupuk Kaltim Raih The Best Anugerah UKM TJSL Awards

Sabtu, 6 April 2024 21:34 WIB
Pupuk Kaltm meraih penghargaan The Best Anugerah UKM TJSL (The SME CSR Awards) Asia 2024, dari La Tofi School of Social Responsibility. (Foto: Dok. Pupuk Kaltim)
Pupuk Kaltm meraih penghargaan The Best Anugerah UKM TJSL (The SME CSR Awards) Asia 2024, dari La Tofi School of Social Responsibility. (Foto: Dok. Pupuk Kaltim)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltm) meraih penghargaan The Best Anugerah UKM TJSL (The SME CSR Awards) Asia 2024, dari La Tofi School of Social Responsibility, melalui lima program yang terbagi dalam dua kategori utama.

Penghargaan diterima Direktur Operasi Pupuk Kaltim F Purwanto, di Jakarta, Senin (1/4/2024).

Purwanto mengatakan, lima program yang meraih penghargaan tahun ini di antaranya tiga program untuk kategori Perusahaan dan dua program untuk kategori UKM Binaan.

Penghargaan kategori perusahaan di antaranya diraih program Budiman Oke Makrifah Herbal, untuk sub kategori Pengembangan UKM Kelompok Wanita.

Lalu, program Inovasi Pertanian Berkelanjutan Terpadu Hidayatullah, serta program Pertanian Kompos Terpadu untuk Babadan Inovatif dan Sejahtera (PKT BISA) pada sub kategori Pengembangan UKM (Usaha Kecil Menengah) Kelompok Petani atau Nelayan.

Sementara itu, dua program kategori UKM Binaan masing-masing inovasi Borneos.co untuk sub kategori Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), serta SUVI Training pada sub kategori UKM Pendidikan dan Pelatihan.

Baca juga : Pastikan Arus Mudik Lancar, Pj Gubernur Kaltim Tinjau Bandara APT Pranoto

Menurut Purwanto, keseluruhan program merupakan inovasi sosial unggulan Pupuk Kaltim dalam memberikan nilai tambah, dengan mengedepankan aspek pemberdayaan bagi masyarakat sekitar perusahaan.

Purwanto menjelaskan, dari keseluruhan program tersebut, Pupuk Kaltim melakukan pendampingan secara maksimal, sehingga mampu memberikan dampak positif hingga benefit yang signifikan bagi para pelaku usaha binaan.

"Seluruhnya dijalankan secara terarah, sehingga goals yang dihasilkan pun sesuai dengan realisasi target di lapangan," ujarnya, melalui siaran pers, Sabtu (6/4/2024).

Lebih lanjut Purwanto menjelaskan, aspek pemberdayaan merupakan salah satu fokus implementasi TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan) Pupuk Kaltim melalui berbagai program, yang sengaja diinisiasi untuk memaksimalkan potensi serta peluang untuk mendorong kesejahteraan, hingga memberi dampak yang lebih luas di lingkungan masyarakat.

Melalui pemberdayaan, kata dia, perseroan tidak hanya melakukan perbaikan sosial dari sisi kesejahteraan masyakarat. Tapi, juga menciptakan peluang usaha baru bagi binaan dalam mewujudkan kemandirian seiring makin bertumbuhnya sektor usaha.

Selain itu, pembinaan pun mulai tahap awal di taraf usaha mikro, yang terus didorong agar usaha binaan semakin berkembang dan naik kelas dengan pendampingan intensif.

Baca juga : Andal Dan Ramah Lingkungan, Makin Banyak Kalangan Industri Beralih Ke Listrik PLN

Bahkan, penguatan kapasitas usaha juga difasilitasi, seperti pengembangan kelembagaan, sertifikasi, maupun promosi dan lainnya agar sektor usaha makin berdaya saing.

"Dengan penguatan di segala aspek, pelaku usaha binaan akhirnya mampu mandiri dan menciptakan peluang usaha baru yang juga menjadi lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Melalui upaya ini, kemandirian bisa diwujudkan secara bertahap," katanya.

Purwanto menegaskan, penghargaan ini menjadi pemacu semangat bagi perusahaan untuk terus berperan sebagai agen pembangunan. Sekaligus, menumbuhkan peluang bagi usaha binaan agar terus berkembang.

Termasuk, komitmen lingkungan yang senantiasa dikedepankan dalam aktivitas bisnis, turut menjadi fokus dari langkah pembinaan Pupuk Kaltim.

Pelaku usaha binaan yang kali ini mendapatkan penghargaan juga bertumpu pada nilai lingkungan, seperti Rumah Tanaman Obat Keluarga (Toga) hingga sektor pertanian terpadu yang dikembangkan untuk mendorong keberlanjutan.

Hal ini menjadi salah satu fokus Pupuk Kaltim, mengingat pelestarian lingkungan menjadi bagian tak terpisahkan dari aktivitas bisnis perusahaan.

Baca juga : Dirut Pupuk Kaltim Raih Penghargaan Best CEO Visionary Leadership

"Mulai dari dekarbonisasi, hingga upaya lain guna meningkatkan komitmen terhadap keberlanjutan. Semangat ini, kami tularkan bagi usaha binaan di tiap program," ujar Purwanto.

Di kesempatan yang sama, Chairman La Tofi School of Social Responsibility La Tofi mengatakan, Anugerah UKM TJSL Asia 2024 merupakan tonggak awal membangun kerja sama pengembangan UKM dalam kaitannya dengan implementasi TJSL perusahaan di seluruh Asia.

Ia meyakini, kolaborasi UKM dan TJSL menjadi sangat penting bagi perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang mengemban misi negara maupun swasta, yang keniscayaannya menjadi bagian tidak terpisahkan dari perkembangan ekonomi masyarakat.

 "Anugerah atau sertifikat penghargaan ini menjadi bukti kelulusan dari proses kolaborasi yang menyumbang pada skoring ESG oleh tiap perusahaan, dan komitmen terhadap penguatan kapasitas UKM dengan tetap memperhatikan nilai-nilai lingkungan di dalamnya," pungkas Purwanto.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.