Dark/Light Mode

Akselerasi Inovasi Energi Terbarukan: New Energy Nexus Menuju Net Zero Emission

Senin, 22 April 2024 22:24 WIB
Solar panel (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Solar panel (Foto: Dwi Pambudo/RM)

Net Zero Emission (NZE) 2060 menjadi target utama bagi indonesia sebagai bagian dari komitmen global untuk mengatasi perubahan iklim. Sebagai negara kepulauan dengan sumber daya alam yang melimpah, indonesia berpotensi besar menghasilkan Energi Baru dan Energi Terbarukan (EBET) dari berbagai sumber, termasuk panas bumi, angin, biomassa, hidro, energi laut, solar fotovoltaik, nuklir, hidrogen, dan battery energi storage systems. Meskipun potensi EBET sangat melimpah, namun tingkat inovasi dalam pemanfaatannya masih tergolong rendah. Salah satu masalah utamanya adalah adanya kesenjangan antara penyediaan dana untuk mendorong pengembangan inovasi EBET serta mobilisasi pendanaan dari sektor swasta (BAPPENAS, 2020). Tanpa dukungan dana yang memadai, para peneliti dan pengembang teknologi EBET kesulitan untuk melakukan riset dan mengembangkan solusi inovatif untuk mengatasi permasalahan dalam penggunaan EBET di Indonesia.

New Energy Nexus :  Solusi Inovatif untuk Permasalahan Investasi Renewable Energy

 

Baca juga : BSI Mitra Plasma Sawit Komit Wujudkan Net Zero Emission

Solar panel sebagai energi terbarukan (Foto: unsplash.com)

Akselerasi inovasi dalam sektor energi terbarukan menjadi krusial dan diperlukan kerangka kerja kolaboratif seperti New Energy Nexus yang menghubungkan berbagai pemangku kepentingan termasuk pemerintah, perusahaan, akademisi, dan masyarakat dalam upaya meningkatkan investasi dan pengembangan teknologi dalam energi terbarukan. Salah satu tujuan utama dari New Energy Nexus adalah menyediakan akses kepada para pelaku industri energi terbarukan terhadap sumber dana secara global yang diperlukan untuk meningkatkan inovasi dan pengembangan energi terbarukan di indonesia, mulai dari teknologi teknologi baru, hingga penerapan dan adopsi energi bersih. Melalui pendekatan kolaboratif ini, diharapkan akan tercipta peningkatan solusi Energi Baru dan Energi Terbarukan dan ekonomi berkelanjutan di Indonesia.

PT SWAP Energi Indonesia adalah salah satu inovasi dukungan dari New Energy Nexus dengan berhasil membangun 400 swap station di Jabodetabek dan Bali. Swap station menyediakan layanan pertukaran baterai untuk kendaraan listrik dengan waktu 9 detik sehingga menciptakan ekosistem yang efisien dan ramah lingkungan bagi pengguna kendaraan listrik. Dengan adanya fasilitas swap station, masyarakat hanya perlu membayar 1-2 juta untuk mendapatkan fasilitas penukaran baterai, dan untuk sewa baterai sekitar Rp.300.000 per bulan (ESDM, 2023). Selain itu, New Energy Nexus juga telah berhasil mendukung inovasi Olat Moras Power yang mendapatkan penghargaan dari Medcom Foundation. Inovasi ini memberikan solusi permasalahan perdagangan ikan nelayan di Pulau Bungin dengan menciptakan mesin pendingin bertenaga surya. Dengan adanya mesin ini, nelayan dapat menyimpan hasil tangkapan mereka dengan lebih efisien, meningkatkan nilai jual produk, dan memperbaiki kondisi ekonomi di wilayah Pulau Bungin (newenergynexus, 2023).

Baca juga : Indonesia Dan Finlandia Inovasi Energi Bersih, Komit Dukung Net Zero Emission

New Energy Nexus memberikan dukungan kepada lebih dari 70 startup di seluruh Indonesia, mulai dari tahap awal hingga tahap post-revenue. Dengan dukungan ini, banyak startup berhasil mengembangkan teknologi inovatif dan meningkatkan dampak positif dalam mengurangi emisi karbon. Secara keseluruhan, New Energy Nexus telah berhasil mengurangi 97.118 ton CO2 melalui dukungan nya terhadap para startup (newenergynexus, 2022).

New Energy Nexus tidak hanya memberikan dukungan berupa dana, tetapi juga menyediakan berbagai program dan kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan kapasitas dan memperluas jaringan bagi para pengusaha dan inovator di bidang EBET. Program Online Startup School merupakan program New Energy Nexus dalam memberikan kursus mengenai pembangkit energi bersih, efisiensi energi, mobilitas bersama, dan micro grid. Selain itu, New Energy Nexus juga memiliki Smart Energy Program yang dirancang khusus untuk startup yang fokus pada delapan sektor utama, seperti Agritech, Clean Energy, Climate Fintech, Climate Solution Enablers, Electric Mobility, Energy Access, Energy Efficiency Management, dan Energy Storage. Terdapat program lain yang disediakan oleh New Energy Nexus, seperti [RE]ENERGIZE Hackathon, [RE]CHARGE: Pitch and Ideation Bootcamp, [RE]SPARK Renewable Energy Festival, CONNEX Energy Meet-Up, dan Corporate Innovation Bootcamp telah berhasil menciptakan program yang menyediakan kesempatan dan dukungan bagi para pengusaha dan inovator di bidang EBET (newenergynexus, 2023).

Bagi para pengusaha dan inovator yang tertarik untuk berkontribusi dalam menciptakan energi terbarukan menuju energi bersih dan Net Zero Emission 2060, New Energy Nexus menawarkan berbagai program. Melalui program-program New Energy Nexus, startup akan mendapatkan dukungan dalam mengembangkan produk dan layanannya, mulai dari mentoring hingga akses ke investor secara global.

Baca juga : 85 Program Desa Energi Pertamina Sukses Turunkan 729 Ribu Ton Emisi Karbon

DAFTAR PUSTAKA 

BAPPENAS 2020. (2020, November 25). Bappenas Percepat Pembangunan Energi Baru Terbarukan. https://www.bappenas.go.id/id/berita/bappenas-percepat-pembangunan-energi-baru-terbarukan

ESDM. (2023, July 30). Sewa Baterai, Skema Baru Pangkas Biaya Konversi Motor Listrik. https://www.esdm.go.id/en/media-center/news-archives/sewa-baterai-skema-baru-pangkas-biaya-konversi-motor-listrik

newenergynexus. (2022). Dampak Dari Pendanaan Kami. https://newenergynexus.id/id/our-solutions-fund/

newenergynexus. (2023). Kepemimpinan dan Pengembangan Kapasitas di Bidang Iklim. https://newenergynexus.id/id/our-solutions-climate-leadership-capacity-building/

newenergynexus. (2023, February 26). Pemanfaatan Energi Matahari untuk Meningkatkan Nilai Rantai Perdagangan Ikan Nelayan di Pulau Bungin. https://newenergynexus.id/id/pemanfaatan-energi-matahari-untuk-meningkatkan-nilai-rantai-perdagangan-ikan-nelayan-di-pulau-bungin/

Laura Nur Meilindy
Laura Nur Meilindy
Mahasiswa Universitas Borneo Tarakan

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.