Dark/Light Mode

Berkah Lebaran

Pergerakan Ekonomi Tembus Rp 386 Triliun

Rabu, 17 April 2024 07:00 WIB
Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi.
Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi.

 Sebelumnya 
“Ini juga berdampak terhadap peningkatan retribusi daerah dan peningkatan penjualan dari UMKM (Usaha Mikro Kecil Me­nengah) yang berusaha di sekitar tempat wisata,” tegas Yusuf.

Sebelumnya, Menteri Per­hubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, aktivitas mudik Lebaran memberikan pergerakan ekonomi yang baik ke daerah.

Menurutnya, berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Trans­portasi (BKT) Kementerian Per­hubungan (Kemenhub) bersama Badan Pusat Statistik (BPS), tahun ini ada 193,6 juta pemudik yang bisa memacu perputaran ekonomi dari kota hingga desa.

Baca juga : Puluhan Ribu Pendatang Baru Diramal Serbu DKI

Karena itu, Kemenhub bersa­ma para pemangku kepentingan telah menyiapkan sarana dan prasarana agar pemudik aman dan nyaman pulang ke kampung halaman.

Staf Khusus Menteri Koor­dinator Bidang Perekonomian Ahmed Zaki Iskandar mem­proyeksikan pergerakan ekono­mi selama periode Lebaran 2024 mencapai Rp 386 triliun.

Hal itu diperoleh dari po­tensi pergerakan manusia yang diperkirakan berjumlah 193 juta orang.

Baca juga : Manchester City Vs Real Madrid, Los Blancos Selalu Tumbang Di Etihad

“Dalam kurun waktu selama liburan panjang Lebaran, ka­takanlah per kepala mereka menghabiskan Rp 2 juta, ada potensi sekitar Rp 386 triliun yang menggerakkan perekono­mian di Indonesia,” kata Zaki dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (14/4/2024).

Faktor utama yang mendorong pergerakan ekonomi selama libur Lebaran, yakni keterse­diaan transportasi umum dan infrastruktur pendukung bus, kereta api dan pesawat terbang yang menjadi faktor penting dalam memfasilitasi pergerakan masyarakat.

Selain itu, jaringan jalan yang luas dan terhubung dengan baik di berbagai wilayah, seperti di Jawa, Sumatera dan pulau lain­nya, juga menjadi pendorong utama pergerakan masyarakat. Hal ini akan memicu minat masyarakat berwisata.

Baca juga : Alcaraz Kurang Percaya Diri

“Ini membuat masyarakat berkeinginan melakukan pergerakan. Bukan saja mudik, tapi juga bertamasya dan berkunjung ke daerah lain. Misalnya mela­lui sektor food and beverage, sektor hotel dan wisata,” jelas dia. NOV

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 14, edisi Rabu, 17 April 2024 dengan judul "Berkah Lebaran Pergerakan Ekonomi Tembus Rp 386 Triliun"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.