Dark/Light Mode

Pemkot Tegal Gandeng Inaplas Bikin Jalan Aspal Plastik

Selasa, 5 November 2019 15:04 WIB
Pemkot Tegal dan Inaplas menandatangani MoU penangan sampah plastik. (Foto: Ist)
Pemkot Tegal dan Inaplas menandatangani MoU penangan sampah plastik. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemkot Tegal bekerja sama dengan Asosiasi Industri Olefin, Aromatik dan Plastik Indonesia (Inaplas) menangani permasalahan sampah plastik. Kedua pihak sepakat membangun jalan aspal plastik dengan menggunakan campuran sampah plastik.

Kerja sama itu ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman (Memorandum Of Understanding/MoU) Pemkot Tegal dan Inaplas di Jakarta, Selasa (5/11).

“Kami berharap melalui kerjasama dengan Inaplas ini, kami bisa membuat jalan aspal dengan campuran sampah plastik di daerah Balai Kota seluas 1580 m2,” ujar Walikota Tegal, Dedy Yon Supriyono. 

Baca juga : Pemkot Tangerang Sabet Penghargaan Anugerah Media Humas

Menurut dia, saat ini Kota Tegal melalui Dinas Lingkungan Hidup aktif berbicara dengan banyak pemangku kepetingan demi mengatasi permasalahan sampah. Kota Tegal telah menerapkan banyak inovasi yang dilakukan dalam pengelolaan sampah.

Di antaranya pengolahan sampah organik menjadi bahan bakar berbentuk pelet, pengolahan sampah plastik menjadi paving block, serta pemanfaatan sampah anorganik menjadi aneka kerajinan. Munculnya inovasi-inovasi tersebut didukung dan difasilitasi pemerintah melalui berbagai kegiatan, seperti pelatihan pengolahan sampah, pelatihan kerajinan daur ulang sampah, workshop dan pendampingan bank sampah dan tempat pengelolaan sampah reduce, reuse, recycle (TPS3R), serta pameran produk kerajinan daur ulang sampah.

Wakil Ketua Umum Inaplas, Suhat Miyarso mengatakan, menyambut baik antusiasme pemerintah Kota Tegal dalam menerapkan jalan aspal plastik, yang merupakan program Pemerintah Pusat. Sebelumnya, Inaplas juga telah menerapkan jalan aspal plastik di Kota Cilegon, Jakarta, dan Depok.

Baca juga : Anak Buah Jonan Patungan Listrik

“Kami berharap agar kerja sama ini terus terjalin dengan Pemkot Tegal dan dapat direplikasi di kota lain dengan dukungan dari berbagai pemangku kepentingan baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat,” tambah Suhat.

Menurut dia, Inaplas akan mendukung Pemkot Tegal dengan menyediakan sampah plastik jenis High Density Polyethylene (HDPE) sebanyak 350 kg. Dalam proses pengumpulan dan membersihkan sampah plastik agar layak dipakai dan pencampuran plastik menjadi aspal, Inaplas bekerja sama juga dengan Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia dan tim asistensi teknis dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Pemerintah Indonesia telah mencanangkan target untuk mengurangi sampah plastik di laut sebanyak 70 persen sebelum 2025. Jalan Aspal Plastik merupakan program yang secara rutin dilakukan oleh pemerintah di berbagai daerah di Indonesia. 

Baca juga : Kementan Terus Validasi Berkurangnya Luas Baku Lahan Sawah di Sumut

“Kerja sama Pemkot Tegal dan Inaplas ini merupakan contoh nyata kolaborasi pihak swasta dan pihak pemerintah dalam upaya menyelesaikan masalah sampah plastik melalui langkah yang solutif,” tukasnya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.