Dark/Light Mode

Kinerja Keuangan Positif, CIMB Niaga Raih Laba Rp 2,2 Triliun Per Maret 2024

Rabu, 1 Mei 2024 18:20 WIB
CIMB Niaga mencatatkan kinerja positif pada kuartal I-2024, dengan meraih laba sebelum pajak konsolidasi (unaudited) sebesar Rp 2,2 triliun. (Foto: Ilustrasi CIMB Niaga)
CIMB Niaga mencatatkan kinerja positif pada kuartal I-2024, dengan meraih laba sebelum pajak konsolidasi (unaudited) sebesar Rp 2,2 triliun. (Foto: Ilustrasi CIMB Niaga)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank CIMB Niaga Tbk atau CIMB Niaga mencatatkan kinerja positif pada kuartal I-2024, dengan meraih laba sebelum pajak konsolidasi (unaudited) sebesar Rp 2,2 triliun atau naik sebesar 7,8 persen year on year (yoy).

Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan, perolehan kinerja di kuartal I 2024 ini merupakan wujud dari konsistensi kami terhadap strategi yang berfokus pada pertumbuhan profit yang berkelanjutan.

“Atas capaian tersebut, maka total aset konsolidasi CIMB Niaga adalah sebesar Rp 333 triliun per 31 Maret 2024, katanya di Jakarta, Rabu (1/5/2024).

Dari total Dana Pihak Ketiga (DPK) juga tumbuh 3,3 persen yoy menjadi Rp 248 triliun. Sedangkan jumlah dana murah (current account and savings account/CASA) naik 8,9 persen yoy dengan total rasio sebesar 64,6 persen.

Baca juga : BSI Kantongi Laba Hingga Rp 1,71 Triliun Di Kuartal I

Menurut Lani, peningkatan jumlah CASA tersebut berkat upaya perseroan dalam membina hubungan nasabah yang lebih erat dan meningkatkan pengalaman nasabah secara keseluruhan melalui layanan digital Bank CIMB Niaga.

“Ke depan, kami akan terus menjalankan komitmen dalam meningkatkan customer experience melalui inovasi digital,” tegasnya.

Salah satunya sambung Lani, dengan memanfaatkan kemampuan digital, kami siap untuk menciptakan nilai jangka panjang sembari terus memprioritaskan kebutuhan para stakeholders dan kontribusi terhadap kesejahteraan ekonomi Indonesia.

Total kredit naik 6,0 persen yoy menjadi Rp 211,6 triliun, terutama berasal dari pertumbuhan pada Usaha Kecil Menengah (UKM) yang naik 9,4 persen yoy dan Perbankan Konsumer yang tumbuh 6,9 persen yoy.

Baca juga : Penyaluran Kredit UMKM Bank DKI Tembus Rp 5,2 Triliun Pada 2024

Kenaikan tertinggi di kredit/pembiayaan retail terutama dikontribusikan dari pertumbuhan Kredit Pemilikan Mobil (KPM) yang meningkat sebesar 15,8 persen yoy.

Perseroan juga berupaya untuk menjaga kondisi permodalan dan likuiditas yang solid dengan rasio kecukupan modal (capital adequacy ratio/CAR) dan rasio pinjaman terhadap simpanan (loan to deposit ratio/LDR) masing-masing sebesar 24,5 persen dan 84,2 persen.

Di perbankan Syariah, Unit Usaha Syariah (UUS) CIMB Niaga (CIMB Niaga Syariah) berhasil mempertahankan posisinya sebagai UUS terbesar di Indonesia, dengan total pembiayaan Rp 56,2 triliun tumbuh 15,4persen yoy dan DPK sebesar Rp 50,6 triliun, naik 2,6 persen yoy.

Adapun pertumbuhan pembiayaan signifikan tersebut sebagian besar dikontribusi oleh segmen ritel.

Baca juga : Melesat, BNI Kantongi Laba Bersih Rp 5,33 Triliun Di Kuartal I-2024

“CIMB Niaga Syariah tetap fokus pada peningkatan komposisi pendanaan, khususnya pendanaan murah dengan terus mengembangkan jaringan komunitas,” katanya.

Tak hanya itu, pada kuartal I tahun ini Bank CIMB Niaga juga telah menyepakati untuk menyalurkan dividen tunai sebesar Rp 3,1 triliun atau 50 persen dari laba bersih perseroan (bank only) sepanjang tahun buku 2023 sebagai wujud apresiasi bagi para pemangku kepentingan.

Ia mengatakan, dividen tersebut akan dibayarkan selambatnya 30 hari kalender setelah keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan yang dilaksanakan pada 3 April lalu tersebut berlaku.

“Kami berkomitmen untuk terus menciptakan nilai tambah yang maksimal bagi pemegang saham, dengan fokus strategi pada pertumbuhan bisnis yang profitable dan berkelanjutan,” ujar Lani.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.