Dark/Light Mode

Erick Akan Satukan Ekosistem Pangan Dan Pupuk

Bulog Ikut Garap Program Makmur

Selasa, 14 Mei 2024 07:05 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berpesan kepadan menteri BUMN selanjutnya (foto: dok. bumn)
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berpesan kepadan menteri BUMN selanjutnya (foto: dok. bumn)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rencana Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatukan ekosistem pangan dengan pupuk mesti cepat direalisasikan. Sebab, hal tersebut diyakini akan meningkatkan produktivitas pertanian.

Pengamat kebijakan publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah mengapresiasi kinerja Kementerian BUMN yang selama ini terus berbenah diri meningkatkan performa perusa­haan pelat merah. Salah satunya melalui program transformasi.

Menurut Trubus, pelaksanaan program transformasi dapat memberikan hasil opti­mal apabila dilakukan secara keberlanjutan. Dan sekarang, transformasi concern pada sek­tor pangan dan pupuk.

Baca juga : Otorita IKN Target Nol Orang Miskin Pada 2035

“Memang sudah seharusnya, dibuat kebijakan agar dua sektor ini bisa saling terintegerasi, ter­padu dan berkesinambungan,” ujar Trubus kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Ia menuturkan, saat ini Pemerintah telah membentuk Badan Pangan Nasional (Bapanas) untuk membenahi tata kelola pangan nasional. Termasuk mengintegrasikan berbagai kebi­jakan pangan, yang di antaranya mengoptimalkan peran Perum Bulog dan ID Food.

“Ke depan, tinggal menginte­grasikannya dengan PT Pupuk Indonesia, yang juga ditugasi untuk penyaluran pupuk sub­sidi,” katanya.

Baca juga : Pengolahan Sampah RDF Rorotan Terbesar Di Dunia

Ia berharap, Perum Bulog bisa menjadi offtaker atas hasil panen pada program pertanian yang dimiliki sesama BUMN.

Sebagai informasi, PT Pupuk Indonesia (Persero) selama ini telah menjalankan program Mak­mur (Mari Kita Majukan Usaha Rakyat) dan Agrosolution untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani.

“Apapun programnya, yang penting telah ada nilai lebih dan manfaatnya bagi masyarakat, khususnya petani,” pujinya.

Baca juga : Meriam London Gusur Posisi City

Terpisah, Direktur Utama Pe­rum Bulog Bayu Krisnamurthi mengaku, tahun ini pihaknya akan masuk ke Program Mak­mur, sebagai salah satu upaya Bulog dalam meningkatkan produktivitas petani.

“Kami masuk on farm, kita sebut program itu namanya Program Mitra Tani Bulog. Sedang uji coba, luas lahannya masih kecil. Nanti ketika panen kami jadi offtaker-nya,” kata Bayu ke­pada Rakyat Merdeka, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.