Dark/Light Mode

Erick Akan Satukan Ekosistem Pangan Dan Pupuk

Bulog Ikut Garap Program Makmur

Selasa, 14 Mei 2024 07:05 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berpesan kepadan menteri BUMN selanjutnya (foto: dok. bumn)
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berpesan kepadan menteri BUMN selanjutnya (foto: dok. bumn)

 Sebelumnya 
Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan, pi­haknya telah menyiapkan blue­print untuk transformasi BUMN hingga 2034.

“Kami punya blueprint trans­formasi BUMN sampai 10 tahun ke depan. Contohnya, pangan dan pupuk (saat ini) terpisah. Ini ke depan akan menjadi satu eko­sistem,” ujar Erick, di Jakarta, Minggu (5/5/2024).

Menurut Erick, pupuk dan pangan adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Sebab, kebutuhan pangan tidak akan terpenuhi dengan baik, jika tidak didukung dengan keterse­diaan pupuk.

Baca juga : Otorita IKN Target Nol Orang Miskin Pada 2035

“Bicara pangan, tidak mungkin tanpa membahas tentang pupuk,” tegas Erick, yang juga Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) itu.

Ia juga menyoroti, soal bahan baku pupuk. Menurutnya, masih banyak hal yang perlu diperbaiki dalam ekosistem tersebut.

“Kalau kita ingin menjadi produsen pupuk nomor lima atau bahkan nomor tiga di dunia, perlu ada kepastian terkait bahan bakunya. Semuanya harus dide­tailkan (melalui blueprint),” kata mantan bos Klub Inter Milan itu.

Baca juga : Pengolahan Sampah RDF Rorotan Terbesar Di Dunia

Di kesempatan berbeda, Project Manager Program Makmur dan Agrosolution PT Pupuk Kaltim Yusva Sulistyo menerangkan, di penghujung 2023, program Makmur dan Agrosolution ini berhasil merealisa­sikan 72.436 hektar (ha) lahan dengan jumlah petani yang tergabung 24.497 orang.

“Target 2023, berhasil dicapai dengan kenaikan lahan sebesar 113,18 persen dari target 64.000 hektar,” kata Yusva di Jakarta, Selasa (30/4/2024).

Di kesempatan yang sama, Se­nior Vice President (SVP) Trans­formasi Bisnis Pupuk Kaltim Wisnu Ramadhani menegaskan, stok pupuk saat ini dalam kondi­si aman, terutama menjelang musim tanam kedua tahun 2024.

Baca juga : Meriam London Gusur Posisi City

“Untuk musim tanam pertengahan 2024, per 28 April 2024, kami telah menyiapkan 379.726 ton stok pupuk subsidi dan 376.510 ton pupuk non subsidi,” tuturnya. IMA

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 9, edisi Selasa, 14 Mei 2024 dengan judul "Erick Akan Satukan Ekosistem Pangan Dan Pupuk Bulog Ikut Garap Program Makmur"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.