Dark/Light Mode

Indra Karya Jempolin Manfaat Bendungan Multifungsi Ameroro Di Sulteng

Jumat, 17 Mei 2024 08:58 WIB
Indra Karya mengapresiasi kepercayaan yang diberikan Pemerintah, sehingga perseroan bisa menyelesaikan pembangunan Bendungan Ameroro. (Foto: Ilustrasi Istimewa)
Indra Karya mengapresiasi kepercayaan yang diberikan Pemerintah, sehingga perseroan bisa menyelesaikan pembangunan Bendungan Ameroro. (Foto: Ilustrasi Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Indra Karya (Persero) mengapresiasi kepercayaan yang diberikan Pemerintah, sehingga perseroan bisa menyelesaikan pembangunan Bendungan Ameroro, di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sulteng).

Direktur Utama Indra Karya Gok Ari Joso Simamora mengatakan, pihaknya merupakan konsultan BUMN yang berfokus pada bidang keairan, telah merampungkan pembangunan Bendungan Ameroro yang memiliki kapasitas tampung 88 juta meter kubik.

”Kami harap, komitmen ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat di Konawe, Sulteng," ujar Ari Joso, melalui siaran pers, Kamis (16/5/2024).

Baca juga : Pendamping PKH Jempolin Pos Indonesia Dalam 
Penyaluran Bansos Di Denpasar

Ia menjelaskan, lingkup kerja yang dipercayakan kepada perseroan dalam proyek ini, memiliki lingkup pekerjaan manajemen konstruksi (MK), pengawasan mutu dan kualitas, studi longsoran, serta rencana tanggap darurat (RTD).

Menurut Ari Joso, selain memiliki kapasitas tampung dan luas genangan yang sangat besar, Bendugan Ameroro juga akan memberikan manfaat seperti peningkatan layanan irigasi seluas 3.363 hektar (Ha) yang dapat meningkatkan intensitas pertanaman sebanyak 300 persen.

Selain itu, bendungan yang dibangun pada Desember 2020 ini, mampu menyediakan kebutuhan air baku bagi masyarakat di Kabupaten Konawe.

Baca juga : Hutama Karya Optimis Bendungan Ameroro Bermanfaat Bagi Masyarakat Konawe

"Sebesar 522 liter per detik dan mereduksi banjir hingga 443 meter kubik per detik," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan, pentingnya pencegahan terjadinya krisis air dan mencegah banjir yang saat ini semakin menjadi isu mengkhawatirkan di berbagai belahan dunia.

Jokowi meyakini, luas genangan yang mencapai 398 hektare dapat mengurangi dan mereduksi intensitas banjir di wilayah sekitar Konawe.

Baca juga : Resmikan Bendungan Ameroro, Jokowi Harap Dapat Reduksi Banjir Di Konawe Sultra

”Kapasitas tampungnya 88 juta meter kubik, ini bendungan yang sangat besar sekali dan ini adalah bendungan ke-40 yang kita bangun dan selesai di akhir 2023 lalu,”tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.