Dark/Light Mode

TOP CSR Awards 2024, Inovasi CSR Dan ESG Untuk Bisnis Bekelanjutan

Rabu, 29 Mei 2024 22:40 WIB
TOP CSR Awards 2024 diberikan kepada sejumlah perusahaan terkemuka dari berbagai sektor bisnis di Indonesia di Hotel Raffles Jakarta, Rabu (29/5/2024). Foto: Istimewa
TOP CSR Awards 2024 diberikan kepada sejumlah perusahaan terkemuka dari berbagai sektor bisnis di Indonesia di Hotel Raffles Jakarta, Rabu (29/5/2024). Foto: Istimewa

 Sebelumnya 
Seminggu sebelum acara puncak TOP CSR Awards 2024 atau persisnya, di hari Rabu 22 Mei 2024, sebuah Webinar CSR digelar. Selain menghadirkan sejumlah konsultan/pakar CSR, sejumlah praktisi CSR dari sejumlah perusahaan, menjadi narasumber webinar itu.

Webinar tersebut menjadi forum berbagi pengalaman dan pengetahuan perusahaan terkait CSR yang mendukung bisnis perusahaan agar tumbuh berkelanjutan dari berbagai sektor.

Sementara, sebagai keynote speaker (pembicara kunci) pada acara puncak TOP CSR Awads 2024 tersebut, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, yang diwakili oleh Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL), Sigit Reliantoro, menjelaskan sejumlah hal.

Pertama, pentingnya semua perusahaan di Indonesia, untuk turut serta dalam menjaga lingkungan melalui operasi bisnis yang tidak merusak lingkungan, atau menggunakan sumber daya ernergi yang ramah lingkungan.

Baca juga : Bank Syariah Didorong Jaga Ketahanan Dan Pertumbuhan Berkelanjutan

Kedua, komitmen perusahaan untuk menerapkan ESG dalam mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Ketiga, transformasi ekonomi lingkungan diwujudkan melalui aktualisasi nilai ekonomi karbon untuk pengendalian emisi GRK dalam pembangunan nasional dan stimulasi ekonomi.

Sedangkan Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Kementerian Desa PDTT, Ir. Harlina Sulistyorini, juga hadir untuk menyerahkan penghargaan. Ketua Dewan Juri TOP CSR Awards 2024, Dr. Mas Achmad Daniri memaparkan sejumlah hal penting mengenai proses penilaian dan penjurian di TOP CSR Awards 2024.

Pertama, ia menjelaskan bahwa kategori penghargaan TOP CSR Awards 2024 untuk perusahaan/organisasi, diklasifikasikan dalam lima tingkatan Level Bintang, yakni Bintang 1 hingga Bintang 5. "Penentuan level tersebut, ditentukan berdasarkan sejumlah kriteria," kata Daniri.

Adapun kriteria tersebut adalah, pertama, keselarasan inisiatif CSR (atau dukungan program CSR) terhadap strategi pertumbuhan bisnis perusahaan yang berkelanjutan.

Baca juga : Olimpiade Paris 2024, Ini Wakil Indonesia Di Cabor Bulutangkis

Kedua, tingkat adopsi kebijakan dan program CSR terhadap ketentuan ISO 26000: 2010 SR (baik yang dilakukan divisi CSR atau pun klaim pengakuan dari divisi lain di luar CSR yang terkait klausa-klausa/ subyek inti di ISO 26000 SR).

Ketiga, sistem tata kelola CSR (terkait perencanaan, pelaksanaan, monitoring, pelaporan, dan lain-lain). Keempat, inovasi program CSR unggulan, yang dapat menjadi contoh/dapat direkomendasikan kepada perusahaan lain.

Sedangkan yang kelima, adalah identifikasi dampak materialitas ESG terhadap bisnis, dan strategi pengelolaannya agar bisnis terus tumbuh berkelanjutan.

Kemudian, ada penghargaan kategori Top Leader on CSR Commitment 2024. "Ini adalah penghargaan yang diberikan kepada pimpinan perusahaan yang dinilai berkomitmen tinggi dalam mendukung kebijakan dan implementasi CSR di perusahaannya," papar Daniri.

Baca juga : Punya Country Manager Baru, Visa, Indonesia Siap Pacu Bisnis Digital

Daniri pun menyebutkan beberapa temuan penting selama proses penjurian TOP CSR Awards 2024. Yakni beberapa pencapaian kinerja CSR dan temuan penting, selama proses pendalaman oleh Dewan Juri yang dilakukan dalam Wawancara Penjurian.

Di antaranya adalah, sudah semakin banyak Perusahaan peserta yang menyelaraskan inisiatif CSR-nya untuk mendukung strategi bisnis Perusahaan. Kemudian yang kedua, makin banyak Perusahaan yang telah melakukan pengukuran keberhasilan kinerja CSRnya, dan menilai dampak/manfaatnya untuk bisnis Perusahaan.

Dan Ketiga, sebagian perusahaan sudah makin memahami, bahwa CSR sebagai tanggung jawab sosial suatu organisasi/perusahaan, bukan hanya menjadi tanggung jawab Unit/Divisi CSR/TJSL semata, tetapi juga melibatkan dan menjadi tanggung jawab bersama unit/divisi lainnya, untuk memenuhi ketentuan 7 core subject dalam ISO 26000 SR.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.