Dark/Light Mode

Asuransi Astra Bareng OJK Berikan Literasi Keuangan Bagi Mahasiswa Di DIY

Sabtu, 1 Juni 2024 13:57 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Asuransi Astra bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan beragam materi tentang keuangan bagi mahasiswa di Yogyakarta.

Kegiatan yang merupakan rangkaian program Literasi Keuangan Terpadu Asuransi Astra (LENTERA) ini mengusung tema “Tingkatkan Wawasan Keuangan, Gapai Karier Impian”. Digelar di Universitas Atma Jaya Kampus II Yogyakarta, Rabu (29/5/2024).

Pada tahun 2022, hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 49,68 persen dan inklusi keuangan sebesar 85,10 persen.

Tahun ini, OJK menargetkan pemerataan literasi di Indonesia serta inklusi keuangan yang harus mencapai 90 persen. 

Kepala OJK Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Parjiman mengatakan, adanya jarak antara literasi dan inklusi turut menjadi perhatiannya.

Sebab, banyak yang sudah mengakses produk keuangan, tetapi belum memahami dengan baik konsep dasar keuangan sehingga menimbulkan permasalahan.

Dia menegaskan, sebagai regulator, OJK memang bertugas untuk mengatur dan mengawasi industri keuangan dan fungsi perlindungan konsumen. Namun, OJK tidak dapat bergerak sendiri.

Baca juga : PLN Gandeng Kominfo Perkuat Literasi Digital

“Maka dari itu, kami membutuhkan kolaborasi bersama pelaku usaha, Lembaga Jasa Keuangan, dan akademisi lainnya untuk meningkatkan indeks literasi dan inklusi bangsa ini secara merata,” tutur Parjiman dalam pidato pembukaannya.

OJK juga memberikan materi mengenai bahaya pinjaman online dan investasi ilegal yang disampaikan oleh Deputi Direktur Pengawasan Perilaku PUJK, Edukasi, Perlindungan Konsumen dan Layanan Manajemen Strategis OJK DIY, Dinavia Tri Riandari.

Dia menjelaskan, kaum muda dianggap rentan menjadi korban pinjaman dan Investasi illegal akibat kurangnya literasi keuangan.

Dinavia pun memberikan tips mengelola dan menginvestasikan uang guna selalu aman.

Kelas dilanjutkan dengan pengenalan beragam produk keuangan yang dapat diakses sejak dini, yang dilakukan Regional Manager Asuransi Astra, Hendra. 

Dengan begitu, kita bisa memiliki masa depan finansial yang stabil dan meminimalisir risiko. 

Merangkum kelas literasi dan inklusi keuangan agar pemahaman finansial kian bertambah, CEO Soko Financial Debora Aprianita membahas pengelolaan keuangan yang efektif.

Baca juga : Gandeng Beyond Sport, Sun Life Renovasi Lapangan Basket Di Tanah Baru Depok

Hal itu meliputi, pencatatan dana masuk dan keluar, investasi, serta berasuransi dalam menghadapi perubahan, hingga perkembangan ekonomi global dan transformasi digital.

President Director Asuransi Astra, Christopher Pangestu menilai pengelolaan keuangan ini sangat penting untuk dipahami.

Sebab, setiap aktivitas yang kita jalani setiap hari pasti memiliki risiko. Tak jarang, risikonya melibatkan aspek finansial.

Namun sayangnya, belum banyak yang paham bahwa sebenarnya setiap risiko ini dapat dimitigasi atau dipindah tangankan melalui asuransi.

Dia pun berharap, melalui beberapa sesi sharing ini, semua yang hadir dapat memahami pola pengelolaan keuangan yang paling sesuai dengan diri masing-masing, serta lebih mengenal dengan berbagai produk asuransi dan jenis pertanggungannya.

"Agar sesuai dengan kebutuhan dan kita selalu merasakan peace of mind di setiap momen kehidupan,” katanya.

Mendukung pernyataan Christopher, Wakil Rektor 2 Universitas Atma Jaya Yogyakarta-Bidang Administrasi, Keuangan dan Sumber Daya Manusia, Samiaji Sarosa mengatakan, literasi keuangan menjadi hal penting yang dapat dijadikan pembekalan untuk mempertajam mindset dan mengubah perilaku untuk mulai merencanakan keuangan agar memiliki ekonomi yang stabil di masa depan.

Baca juga : Puan Lakukan Pertemuan Bilateral Dengan Badan Penasihat Politik China

“Semoga dengan adanya kolaborasi pada hari ini dapat memberikan kesempatan lainnya untuk para regulator, pelaku usaha hingga akademisi agar terus dapat berkerja sama lebih baik lagi guna menciptakan industri keuangan Indonesia yang lebih baik," tuturnya. 

"Harapan saya juga di masa depan kita semua dapat merasakan dampak utama akan keberlangsungan yang telah kita tanam hari ini agar kita dapat terus mewariskan hal positif ke penerus kita,” tambah Samiaji.

Sebagai penutup acara hari ini, Asuransi Astra juga menghadirkan Campus Hiring yang diperuntukkan bagi seluruh perwakilan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Yogyakarta.

Tujuannya, memberikan peluang lapangan pekerjaan bagi generasi muda dan meningkatkan branding awareness perusahaan.

Tak hanya itu, acara yang dihadiri mahasiswa dari berbagai kampus di Yogyakarta ini, dilengkapi dengan penyerahan beasiswa pendidikan dari Asuransi Astra kepada 25 mahasiswa berprestasi.

Mereka berasal dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada, Universitas Sanata Dharma, Universitas Negeri Yogyakarta, dan UPN Veteran Yogyakarta.

Selain itu, diberikan pula polis Garda Me Micro  bagi seluruh peserta yang hadir.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.